PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY DI SDN PAKEL 02 LUMAJANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011
dengan pengambilan data yang mulai dilaksanakan pada tanggal 21 Pebruari 2011
sampai 17 Maret 2011 bertempat di SDN Pakel 02 Lumajang dengan subjek
penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak terdiri dari 9 anak perempuan
dan 7 anak laki – laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang
dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, peringkat kelas (rangking)
pada semester I Tahun Ajaran 2010/2011, analisis aktivitas siswa dalam
pembelajaran pendekatan discovery siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan
siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan
discovery pada siklus I mencapai 75 % sedangkan pada silkus II mencapai 100 %.
Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 87,5 %
sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Sedangkan daya serap klasikal pada
siklus 1 68,13% dan pada siklus II 76,06 %. Berdasarkan analisis ketuntasan
belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas IV SD Negeri Pakel 02
Lumajang telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan
tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 70 % siswa telah mencapai nilai ≥ 56.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : Pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan discovery dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri
Pakel 02 Kec. Gucialit Lumajang tahun pelajaran 2010/2011 dalam proses
pembelajaran gaya dan energi. Hal ini terbukti pada siklus I diketahui 12,5%
sangat aktif, 62,5% aktif dan 25% cukup aktif, sedangkan pada siklus II diketahui
43,75% sangat aktif dan 56,25% aktif. Pembelajaran dengan menggunakan
pendekatan discovery juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Pakel 02 Kec. Gucialit Lumajang tahun pelajaran 2010/2011 dalam pembelajaran
gaya dan energi. Hal ini dibuktikan pada siklus I terungkap daya serap klasikal
sebesar 68,13% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 87,5%, pada siklus II
daya serap klasikal sebesar 76,06% dengan ketuntasan belajar secara klasikal
100%.