MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI PEMENGGALAN FRASE PADA SISWA KELAS II SDN KEBONSARI 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 04 Jember dan diikuti oleh seluruh siswa
kelas II sebanyak 44 siswa. Penelitian dilakukan dua siklus, masing-masing siklus
viii
dilaksanakan 1 kali pertemuan dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru
kelas. Data peneliti dianalisis secara kualitatif.
Dalam pembelajaran membaca nayring melalui pemenggalan frase dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan pada akhir pembelajaran prasiklus
hasil belajar siswa yang tuntas 10 (22%) dan yang tidak tuntas 34 (77%) siswa, pada
siklus 1 siswa yang tuntas 29 (65%) dan yang tidak tuntas 15 (34%) siswa,
sedangakan siklus 2 siswa yang tuntas 40 (90%) dan yang tidak tuntas 4 (9%) siswa.
Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu
peningkatan. sedangkan siswa yang belum tuntas dikarenakan tidak bisa membaca
sama sekali dan tidak lancar membaca.