Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Melakkukan Pembelian Pada UD. Citra Mulia Perkasa di Tulungagung - Sidoarjo
Abstract
Badai krisis ekonomi yang berkepanjangan telah menyebabkan hancurnya
perekonomian Indonesia Banyak sekali perusahaan, baik perusahaan besar manpun
perusahaan kecil yang gulung tikar karena tidak mampu bertahan hidup akibat krisis
tersebut, sehingga menyebabkan timbulnya masalah pengangguran secara besar-besaran
di negara ini.
Menghadapi situasi seperti saat ini, suatu badan usaha yang bertujuan
mendapatkan laba useha, sehingga kelangsungan hidup perusahaan dapat terjaga serta
perusahaan dapat mengembangkan usaha, harns dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan
usahanya secara lebih efektif dan efisien baik dalam hal waktu, tenaga manpun biaya
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan
oleh perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut, Pemasaran disini bukan hanya tertuju
pada kegiatan menyalurkan barang dan jasa saja, akan tetapi merupakan suatu sistem
dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, yaitu mulai dari perencanaan produk,
penentuan harga, promosi sampai pada distribusi. Dalam hal perencanaan, suatu
perusahaan harus mengetahui terlebih dahulu apa yang sebenarnya dibutuhkan dan
diinginkan oleh konsumen. Dalam hal ini pengusaha dapat melaksanakan suatu kegiatan
riset pasar, sebab dari kegiatan riset paaar diharapkan dapat diperoleh informasi
tentang situasi pasar, seperti keadaan pesaing, kesempatan yang ada, perundang
undangan yang berlaku, tanggapan konsumen terhadap suatu jenis barang tertentu dan
yang lebih penting lagi apabila dapat digali secara lebih mendasar mengenai faktor
faktor yang menjadi pangkal pokok terbentuknya perilaku konsumen tersebut baik dari
produk itu sendiri misalnya dari harga, kualitas, variasi produk, manpun dari faktor
faktor yang lain misalnya faktor demografi, faktor ekonomi, dan faktor psikologis,
Terbentuknya perilaku konsumen dengan faktor-faktor yang
melatarbelakanginya dapat dijadikan sebagai informasi yang merupakan dasar dalam
pengambilan keputusan dan penentuan kebijaksanaan untuk menyusun strategi
pemasaran yang lebih efektif dan efisien, sehingga apa yang menjadi tujuan perusahaan
dapat tercapai meskipun dalam situasi persaingan yang semakin ketat seperti sekarang
uu.
Demikian juga halnya pada UD. Citra Mulia Perkasa yang memproduksi, ikat
pinggang, dompet, tas dan koper, dimana usaha ini dituntut untuk dapat memenuhi
kebutuhan konswnen agar dapat mencapai tujuan perusabaan di dalam snafu kondisi
persaingan yang ketat dengan perusahaan sejenis lainnya dan untuk itu perusahaan hams
mengetahui terlebih dabulu tentang selera konsumennya sehingga pada akhirnya volume
penjualan dapat meningkat.