Penetapan Harga Jual Dengan Metode Direct Cost Pricing Dalam Upaya Meningkatkan Keuntungan Pada Perusahaan Genteng Mahkota Ngurah Rai di Trenggalek
Abstract
Salah satu kebijak sanaan perusahaan yang dianggap penting
adalah mengenai penetapan harga jual yang tepat. Dilihat dari definisi
harga jual , harga jual adalah jurnlah uang yang dibebankan oleh suatu
unit usaha kepada pembeli atau pelanggan atas barang atau jasa yang
dijual atau di serahkan. Mengenai keputusan harga jual , biasanya harus
dibuat berulang-ulang karena harga j ual dipengaruhi o1eh perubahan
lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Keputusan penetapan
harga jual bertujuan agar harga jual yang haru dapat mencerminkan
biaya saat ini atau bahkan biaya di masa yang akan datang, kondisi
pasar, reaksi pesaing serta Iaba yang diinginkan.
Ada pun eara atau metode yang digunakan oleh beberapa
perusahaan dalam penentuan harga jual tersebut berlainan antara
perusahaan yang satu dengan lainnya. Hal ini karena dipengaruhi oleh
sif'at atau karakteristik suatu produk yang akan dipasarkan, disamping
hal-hal lain yang berkaitan dengan jumlah biaya yang dikeluarkan.
Akan tetapi dari berbagai cara atau metode yang ada, pada dasarnya
dibedakan oleh cara menghitung dan biaya-biaya yang dibebankan .