Show simple item record

dc.contributor.authorSAMSUDIN
dc.date.accessioned2013-12-09T07:15:39Z
dc.date.available2013-12-09T07:15:39Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210204037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6807
dc.description.abstractHasil penelitian ini menunjukan bahawa minat dan hasil belajar meningkat. Pada hasil minat siswa selama pembelajaran IPS siklus 1 persentase ketuntasan minat belajar siswa dari jumlah 24 siswa yang sangat berminat, berminat, dan cukup berminat secara klasikal mencapai 48.98%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan minat belajar siswa dari jumlah siswa 49 siswa yang sangat berminat, berminat, dan cukup berminat secara klasikal mencapai 98.00%. sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan minat belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 49.02%, maka minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 98%. Kemudian hasil ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar tes evaluasi pada siklus 1 secara klasikal dari jumlah siswa 24 oarng mencapai 48.98% dimana siswa yang sangat baik, baik, dan cukup baik. sedangkan pada siklus 2 secara klasikal dari jumlah siswa 36 orang mencapai 72% dimana siswa yang sangat baik, baik, dan cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 51.96%%, maka ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 72%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan minat dan hasil belajar IPS pokok bahasan pasar melalui motode Role Playing pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember Tahun Pelajaran 2010- 2011. Dari kesimpulan maka dapat diajukan saran yaitu pertama bagi sekolah, dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi kebijaksanaan dalam rangka peningkatan belajar mengajar dimasa mendatang, bagi guru, hendaknya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar guru lebih kreatif, inovatif, aktif dan lebih ditingkatkan lagi bimbingan dalam pembelajaran sehingga siswa merasa termotivasi dalam proses pembelajaran, dan Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan peneltian lebih lanjut dengan metode role playing sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204037;
dc.subjectMinat dan Hasil Belajar IPS, Role Playing, Bahasan Pasaren_US
dc.titleMENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PASAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record