• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PASAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Samsudin.pdf (149.7Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    SAMSUDIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian ini menunjukan bahawa minat dan hasil belajar meningkat. Pada hasil minat siswa selama pembelajaran IPS siklus 1 persentase ketuntasan minat belajar siswa dari jumlah 24 siswa yang sangat berminat, berminat, dan cukup berminat secara klasikal mencapai 48.98%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan minat belajar siswa dari jumlah siswa 49 siswa yang sangat berminat, berminat, dan cukup berminat secara klasikal mencapai 98.00%. sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan minat belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 49.02%, maka minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 98%. Kemudian hasil ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar tes evaluasi pada siklus 1 secara klasikal dari jumlah siswa 24 oarng mencapai 48.98% dimana siswa yang sangat baik, baik, dan cukup baik. sedangkan pada siklus 2 secara klasikal dari jumlah siswa 36 orang mencapai 72% dimana siswa yang sangat baik, baik, dan cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 51.96%%, maka ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 72%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan minat dan hasil belajar IPS pokok bahasan pasar melalui motode Role Playing pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember Tahun Pelajaran 2010- 2011. Dari kesimpulan maka dapat diajukan saran yaitu pertama bagi sekolah, dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi kebijaksanaan dalam rangka peningkatan belajar mengajar dimasa mendatang, bagi guru, hendaknya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar guru lebih kreatif, inovatif, aktif dan lebih ditingkatkan lagi bimbingan dalam pembelajaran sehingga siswa merasa termotivasi dalam proses pembelajaran, dan Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan peneltian lebih lanjut dengan metode role playing sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6807
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository