MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PASAR MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS IV SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukan bahawa minat dan hasil belajar meningkat.
Pada hasil minat siswa selama pembelajaran IPS siklus 1 persentase ketuntasan minat
belajar siswa dari jumlah 24 siswa yang sangat berminat, berminat, dan cukup
berminat secara klasikal mencapai 48.98%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan minat
belajar siswa dari jumlah siswa 49 siswa yang sangat berminat, berminat, dan cukup
berminat secara klasikal mencapai 98.00%. sehingga dapat disimpulkan bahwa
peningkatan ketuntasan minat belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 49.02%,
maka minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikatakan tuntas/berhasil dengan
persentase 98%. Kemudian hasil ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari
persentase ketuntasan belajar tes evaluasi pada siklus 1 secara klasikal dari jumlah
siswa 24 oarng mencapai 48.98% dimana siswa yang sangat baik, baik, dan cukup
baik. sedangkan pada siklus 2 secara klasikal dari jumlah siswa 36 orang mencapai
72% dimana siswa yang sangat baik, baik, dan cukup baik. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus
2 sebesar 51.96%%, maka ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
dikatakan tuntas/berhasil dengan persentase 72%.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terjadi peningkatan minat dan hasil belajar IPS pokok bahasan pasar melalui motode
Role Playing pada siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember Tahun Pelajaran 2010-
2011. Dari kesimpulan maka dapat diajukan saran yaitu pertama bagi sekolah, dapat
dijadikan sebagai umpan balik bagi kebijaksanaan dalam rangka peningkatan belajar
mengajar dimasa mendatang, bagi guru, hendaknya dalam melaksanakan kegiatan
belajar mengajar guru lebih kreatif, inovatif, aktif dan lebih ditingkatkan lagi
bimbingan dalam pembelajaran sehingga siswa merasa termotivasi dalam proses
pembelajaran, dan Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan peneltian lebih lanjut dengan
metode role playing sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai lebih optimal hasil
penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dan referensi untuk melakukan
penelitian selanjutnya.