Evaluasi Terhadap Penggunaan Saluran Distribusi Pada Perusahaan Roko Djagung Padi Di Malang
Abstract
Penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menentukan urutan prioritas
penggunaan saluran distribusi pada Perusahaan Rokok Ojagung Padi di Malang yang
dilaksanakan pada bulan April 2000. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis
adalah Metode Analisis Return On Invesment (ROI) untuk mengetahui tingkat laba, .
Metode Analisis Koefisien Variasi untuk mengetahui tingkat resiko, serta Metode
Analisa Net Profit Margin untuk mengetahui tingkat efisiensi dari masing-masing saluran
distribusi yang selama ini digunakan oleh perusahaan tersebut. Penelitian yang dilakukan
ini adalah penelitian data primer perusahaan atau bisa disebut sebagai penelitian arsip
yang berupa data-data penjualan dari perusahaan sebagai obyek yang diteliti. Jadi pada
awalnya tidak memerlukan hipotesa.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, tingkat laba yang dianalisa dengan analisa
Return On Invesment menunjukkan bahwa tingkat laba tertinggi diperoleh oleh saluran
distribusi Produsen - Perwakilan - Pengecer - Konsumen. Kemudian tingkat resiko
terkecil yang dianalisa dengan analisa Koefisien Variasi juga dihasilkan oleh saluran
distribusi Produsen - Pengecer - Konsumen. Sedangkan saluran distribusi yang paling
efisien adalah saluran distribusi Produsen - Perwakilan - Pengecer - Konsumen yang
diketahui dengan analisa Net Profit Margin.
Dari hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi Produsen
Perwakilan - Pengecer - Konsumen memang menghasilkan keuntungan besar dan tingkat
efisiensi tertinggi , oleh karena itu saluran distribusi Produsen - Perwakilan - Pengecer
Konsumen layak diprioritaskan tanpa mengabaikan saluran distribusi yang lain.