dc.description.abstract | Penelitian iru rnenggunakan data volume penjualan, biaya promosi dan
advertensi, biaya penjualan, biaya pengepakan dan pengiriman, dan biaya
penyimpanan dan penggudangan. produk yang diteliti adalah ernpat produk yaitu
TIC I, TIC 2, TIC 3 dan TIC 4. Metode pengumpulan data dalarn penelitian
diskriptif kualitatif ini adalah dengan interview dan observasi. Metode analisis
data yang digunakan adalah mctode analisis Regresi Linier Berganda untuk
mengctahui pengaruh biaya promosi dan advertensi, biaya pcnjualan, biaya
pcngepakan dan pengiriman, dan biaya penyirnpanan dan penggudangan secara
bcrmakna terhadap volume pcnj.s ilan. Analisis korelasi parsial digunakan untuk
mencari variabcl yang paling dominan pcngaruhnya terhadap volume penjualan.
Hasil Analisis data mcnunjukkan bahwa TIC 1: biaya pengepakan dan
pengirirnan dan biaya pcnyirnpanan dan penggudangan secara serentak
mempunyai pengaruh yang berrnakna terhadap volume penjualan, variabel yang
paling dorninan mernpengaruhi volume penjualan adalah biaya penyimpanan dan
penggudangan. TIC 2 : biaya penjualan mcmpunyai pcngaruh yang bermakna
terhadap volume pcnjualan, vanabel yang paling dominan rnernpengaruhi volume
penjualan dalah biaya penjualan. TIC 3 : biaya penjualan, biaya pengepakan dan
pengiriman, dan biaya pcnyirnpanan dan pcnggudangan secara serentak
mempunyai pengaruh yang bcrmakna terhadap volume penjualan, variabel yang
paling clominan mernpcngaruhi volume pcnjualan adalah biaya penyirnpanan dan
penggudangan. TIC 4 : biaya penjualan dan biaya penyirnpanan dan
penggudangan secara serentak mcmpunyai pcngaruh yang bermakna terhadap
volume penjualan, variabel yang paling domianan rnempengaruhi volume
pcnjualan adalah biaya penyirnpanan dan penggudangan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ndak semua variabel
yang diteliti (biaya prornosi dan advertensi, biaya penjualan, biaya pengepakan
dan pengiriman, dan biaya penyirnpanan dan penggudangan) mernpunyai
pcngaruh yang bermakna terhadap volume penjualan, scdangkan variabel yang
paling dominan mempengaruhi volume penjualan adalah biaya penyimpanan dan
penggudangan. Maka dapat diberikan saran kepada PT. Mermaid Textile Industry
Indonesia di Mojokerto agar lebih memperhatikan biaya pemasaran yang
dikeluarkan agar efisien dan dapat meningkatkan volume penjualan. biaya
penyirnpanan dan penggudangan agar lebih ditingkatkan untuk rncningkatkan
volume penjualan karena biaya penyimpanan mempunyai pengaruh yang cukup
bermakna terhadap volume penjualan. | en_US |