Analisis Efisensi Pemasaran Menurut Jenis Produk Pada PT. Aqua Pacifik Internasional
Abstract
Setiap perusahaan yang mempunyai lebih dari satu jenis produk, tidak
hanya menghadapi masalah komposisi produk saja, tetapi juga membutuhkan
informasi mengenai berapa sumbangan dari masing-masing produk tersebut
dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan dari perusahaan ini
adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi biaya pemasaran setiap jenis produk
pada PT. Aqua Pacific Internasional di Denpasar Bali dari tahun 1995-1999.
Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data seperti
dokumentasi,wawancara, observasi, studi kepustakaan, sesuai dengan tujuan
penelitian yang disebutkan sebelumnya maka penelitian ini dimaksudkan untuk
mendapatkan suatu wawasan yang mendalam mengenai obyek suatu penelitian
sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas sebagai dasar pelaksanaan
kebijakan dalam pengambilan keputusan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Top mampu menghasilkan
laba kotor sebesar Rp 1006,934 untuk produk Skirt mampu menghasilkan laba
kotor sebesar Rp.963,34 sedangkan untuk produk T-Shirt mampu menghasilkan
laba kotor sebesar Rp. 830,48. Dari ketiga jenis prou tersebut yang paling efisien
adalah produk Top.
Secara umum ketiga jenis produk menunjukkan tingkat efisiensi biaya
pemasaran yang cukup baik, dimana dengan efisiensi diatas 100%, berarti
masing-masing jenis produk mampu menutup biaya pemasaran yang telah
dikeluarkan dan mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan. Secara
khusus untuk produk Top efisiensi dicapai pada tahun 1999 dimana biaya
pemasaran sebesar Rp.36.755.181,90 untuk produk Skirt efisiensi dicapai pada
tahun 1999 yaitu sebesar Rp. 67.303.078,88 sedangkan untuk produk T-Shirt
efisiensi terjadi pada tahun 1999 yaitu sebesar Rp.55090.242,OO.