Show simple item record

dc.contributor.authorRENI ERMAWATI
dc.date.accessioned2013-12-09T06:38:39Z
dc.date.available2013-12-09T06:38:39Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6758
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Mlokorejo 01 Puger tahun 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mlokorejo 01 Puger tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 27 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi dan wawancara. Hasil observasi di prasiklus dari 27 siswa hanya 10 siswa yang mampu menulis ( nilainya diatas 60 ), sisanya belum lancar menulis ( nilai rata-ratanya 51,64 berarti daya serap terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia menulis hanya sebesar 40%. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang mulai terampil/mampu menulis 12 siswa dengan ketuntasan klasikal 52% berada dalam kategori belum tuntas/belum terampil menulis. Pada siklus 2 jumlah siswa yang mulai terampil/mampu menulis 22 siswa dengan ketuntasan klasikal 80% termasuk kategori tuntas/sudah mampu menulis. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menerapkan media gambar tematik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080 210 274 093;
dc.subjectMENULIS WACANA DESKRIPSI, BAHASA INDONESIA, MEDIA GAMBAR TEMATIKen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA DESKRIPSI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SDN MLOKOREJO 01 PUGER-JEMBER TAHUN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record