MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA DESKRIPSI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SDN MLOKOREJO 01 PUGER-JEMBER TAHUN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa
kelas IV SDN Mlokorejo 01 Puger tahun 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD Negeri Mlokorejo 01 Puger tahun pelajaran 2011-2012 dengan
jumlah siswa 27 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap
akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode
tes, observasi dan wawancara.
Hasil observasi di prasiklus dari 27 siswa hanya 10 siswa yang mampu
menulis ( nilainya diatas 60 ), sisanya belum lancar menulis ( nilai rata-ratanya
51,64 berarti daya serap terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia menulis hanya
sebesar 40%. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah siswa yang mulai
terampil/mampu menulis 12 siswa dengan ketuntasan klasikal 52% berada dalam
kategori belum tuntas/belum terampil menulis. Pada siklus 2 jumlah siswa yang
mulai terampil/mampu menulis 22 siswa dengan ketuntasan klasikal 80%
termasuk kategori tuntas/sudah mampu menulis. Dengan demikian bila kita lihat
dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menerapkan media
gambar tematik dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.