dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mumbulsari 01 kelas IV B, yang terdiri
dari 24 siswa, 18 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4
kelompok yang heterogen, untuk pembagian kelompok berikutnya didasarkan hasil
dari pre-tes sebelum siklus dilaksanakan.
Pelaksanaan pembelajaran di kelas IV B dilaksanakan mulai tanggal 22
Januari 2011 sampai 5 Februari 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SDN
Mumbulsari 01 Jember. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari penelitian
aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil tes individu pada saat penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media
permainan mencari harta karun. Pada siklus I pertemuan I, hasil analisis aktivitas
siswa mencapai 74%, aktivitas guru 78% dan tes individu 79%. Pertemuan II, analisis
aktivitas siswa mencapai 82%, aktivitas guru 80% dan tes individu mencapai 83%.
Pada siklus II pertemuan III yang merupakan kegiatan pemantapan dengan materi
Perkembangan Teknologi Produksi analisis aktivitas siswa mencapai 87%, aktivitas
guru 90% dan tes individu mencapai 86%.
Ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 86% dan telah mencapai
ketuntasan belajar secara klasikal di kelas IV B, sedangkan disiklus II sebagai
kegiatan pemantapan persentase ketuntasan belajar mencapai 92%, sehingga peneliti
menghentikan penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajar pada pokok bahasan masalah sosial sesudah diterapkannya
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media
permainan mencari harta karun dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif,
menyenangkan dan meningkatkan ketrampilan dalam mengemukan pendapat antar
sesama teman serta siswa dapat berinteraksi dengan kelompok belajarnya. | en_US |