Show simple item record

dc.contributor.authorSaputra, M. Hapiz Yulia
dc.date.accessioned2015-12-11T13:34:48Z
dc.date.available2015-12-11T13:34:48Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim110210151006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67398
dc.description.abstractMatematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan salah satu poin penting dalam pembelajaran matematika karena berpikir kreatif dalam matematika dapat membantu siswa dalam mengembangkan proses berpikir divergen. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif perlu dilakukan seiring dengan instrumen yang dapat menstimulasi kemampuan berpikir kreatif itu sendiri. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah paket tes berpikir kreatif matematis tipe problem posing. Problem posing merupakan tugas kepada siswa untuk mengajukan masalah sendiri yang kemudian dipecahkan sendiri atau dipecahkan teman lainnya. Aktivitas problem posing perlu dirancang sebaik mungkin agar mampu memunculkan aspek kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu kelancaran (Fluently), keluwesan (Flexibility), dan kebaruan (Originality). Berkaitan dengan hal tersebut, perlu adanya pengembangan paket tes berpikir kreatif matematis tipe problem posing untuk membantu para siswa dalam mengasah kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah proses dan hasil pengembangan paket tes berpikir kreatif tipe problem posing untuk siswa kelas XI SMK. Paket tes ini dikembangkan menggunakan model Thiagarajan atau lebih dikenal dengan 4D model yang terdiri atas tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengambangan (develop), dan tahap penyebaran (desseminate). Paket tes yang dikembangkan terdiri atas 2 paket yaitu paket A dan Paket B. Masing-masing paket terdapat 4 informasi. Setiap informasi berisi 3 perintah sesuai dengan indikator yang diinginkan. Adapun indikator yang ingin dimunculkan yaitu kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), dan kebaruan (Originality). Informasi yang diberikan dalam paket tes berhubungan dengan Matriks, Persamaan Garis Lurus, Fungsi Komposisi dan Invers, dan Trigonometri. Materi-materi tersebut diajarkan di jenjang SMK kelas XI semester gasal. Selain mengembangkan paket tes, juga dikembangkan instrumen lain yaitu kisi-kisi, alternatif jawaban, rubrik penskoran, dan angket berpikir kreatif. Setelah instrumen selesai dibuat, instrumen tersebut diberikan kepada validator untuk divalidasi agar diperoleh hasil yang lebih baik. Setelah proses validasi tahap selanjutnya adalah uji keterbacaan. Uji coba ini dilakukan oleh 6 siswa, dimana 3 siswa menguji keterbacaan dari paket A dan 3 siswa menguji keterbacaan paket B. Berdasarkan hasil uji keterbacaan maka diperoleh paket tes yang siap diujikan di kelas besar. Uji coba ini dilakukan di kelas XI SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Uji coba kelas besar diikuti oleh 33 siswa, dimana 17 siswa mengerjakan soal pada paket A dan 16 siswa mengerjakan soal pada paket B. Uji coba ini memberikan hasil bahwa paket tes sudah bisa digunakan. Hal itu ditunjukkan bahwa nilai validitas dari paket A dan paket B sudah memenuhi kriteria, sedangkan interpretasi reliabilitas dari paket A dan paket B berturut-turut adalah 0,69 dengan interpretasi “Tinggi” dan 0,84 dengan interpretasi “Sangat Tinggi”. Hasil analisis tingkat kesukaran pada paket A menunjukkan bahwa 58,33% soal memiliki tingkat kesukaran sedang dan 41,67% soal memiliki tingkat kesukaran sukar, pada paket B memberikan hasil 41,67% soal memiliki tingkat kesukaran sedang dan 58,33% soal memiliki tingkat kesukaran sukar. Hasil analisis daya pembeda pada paket A menunjukkan bahwa 53,33% memiliki interpretasi cukup baik, dan 46,67% memiliki interpretasi jelek, pada paket B diperoleh hasil 50% memiliki interpretasi baik, 16,67% memiliki interpretasi cukup baik dan 33,33% memiliki interpretasi jelek.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPROBLEM POSINGen_US
dc.subjectPAKET TES BERPIKIR KREATIF MATEMATISen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PAKET TES BERPIKIR KREATIF MATEMATIS TIPE PROBLEM POSING UNTUK SISWA KELAS XI SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record