Show simple item record

dc.contributor.advisorSudarti
dc.contributor.advisorSupriadi, Bambang
dc.contributor.authorLestari, Tina Wahyu
dc.date.accessioned2015-12-11T12:55:59Z
dc.date.available2015-12-11T12:55:59Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim100210102069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67389
dc.description.abstractIlmu Pengatahuan Alam (IPA) adalah suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam melalui metode ilmiah serta menuntut sikap ilmiah. Berdasarkan hasil wawancara terbatas dengan guru IPA di SMPN 10 Jember diperoleh informasi bahwa hasil belajar IPA siswa masih rendah yaitu sekitar 20% siswa yang menuntaskan hasil belajarnya dengan KKM 76. Proses pembelajaran IPA mengalami beberapa kendala, yaitu siswa kurang optimal saat mengikuti pembelajaran sehingga pemahaman konsep siswa kurang baik dan berakibat siswa hanya menghafal materi yang disampaikan oleh guru. Kedua, IPA dianggap pelajaran yang sangat sulit sehingga siswa kurang antusias dalam belajar yang berakibat hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Ketiga, dalam kegiatan pembelajaran siswa juga kurang aktif bertanya tentang permasalahan yang disampaikan oleh gurunya sehingga kemampuan berpikir kritis siswa juga rendah. Salah satu pembelajaran alternatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah model discovery learning disertai media kartu masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember, (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah post-test only control group design. Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Sampel penelitian ditentukan dengan cara cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 10 Jember. Teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hiotesis 1 diperoleh hasil Sig.(1-tailed) sebesar 0.026. Nilai signifikansi 0.026≤0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis 2 kompetensi sikap diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test Sig. (1-tailed) sebesar 0.006. Nilai signifikansi 0.006≤0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga hasil belajar kompetensi sikap kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil belajar kompetensi ketrampilan Sig.(1-tailed) adalah 0.0005. Nilai signifikansi 0.0005≤0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga hasil belajar kompetensi ketrampilan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil belajar kompetensi pengetahuan diperoleh hasil Sig.(1-tailed) adalah 0.075. Nilai signifikansi 0.075˃0.05 maka H0 diterima dan Ha ditolak meskipun hasil belajar kompetensi pengetahuan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember, dan (2) model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kompetensi sikap siswa dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember, model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kompetensi ketrampilan siswa dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember, dan model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kompetensi pengetahuan siswa dalam pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGen_US
dc.subjectMEDIA KARTU MASALAHen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DISERTAI MEDIA KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 10 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record