Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.advisorSupriadi, Bambang
dc.contributor.authorImaniarti, Eviana
dc.date.accessioned2015-12-11T11:19:57Z
dc.date.available2015-12-11T11:19:57Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim100210102007
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67375
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari fenomena-fenomena yang berkaitan dengan alam. Salah satu permasalahan yang muncul pada pembelajaran fisika di SMAN Arjasa yaitu rendahnya hasil belajar siswa dimana nilai ulangan harian dari beberapa siswa di kelas X SMAN Arjasa kurang dari KKM. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan model Inkuiri Terbimbing disertai teknik Mind Mapping, yang diharapkan menjadikan siswa di SMAN Arjasa aktif saat pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar fisika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh penerapan model Inkuiri Terbimbing disertai teknik Mind Mapping terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMAN Arjasa, (2) mengkaji pengaruh penerapan model Inkuiri Terbimbing disertai teknik Mind Mapping terhadap kemampuan afektif siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMAN Arjasa, dan (3) mendeskripsikan kemampuan psikomotor siswa selama pembelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai teknik mind mapping di SMAN Arjasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan control-group post-test only design. Tempat penelitian ditentukan melalui metode purposive sampling area, yaitu di SMAN Arjasa. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel kelas yang akan dipilih yaitu kelas X, dan cluster random sampling untuk menentukan sampel siswa yang akan dipilih. Penentuan sampel siswa yang akan dipilih dilakukan setelah uji homogenitas terhadap populasi dari kelas X. Data kemampuan afektif dan psikomotor siswa diperoleh melalui observasi, sedangkan kemampuan kognitif siswa berdasarkan nilai post-test. Wawancara dan dokumentasi diperlukan sebagai data pendukung. Metode analisis untuk menguji hipotesis penelitian pada kemampuan kognitif dan afektif siswa menggunakan uji Independent sample t-test berbantuan SPSS 16. Berdasarkan analisis uji t menggunakan nilai post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi sebesaar 0,05, diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,473. Sesuai kriteria pengujian, karena nilai Sig.= 0,473 lebih besar dari α = 0,05, maka dapat dinyatakan penerapan model inkuiri terbimbing diertai teknik mind mapping tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan analisis uji t menggunakan hasil observasi kemampuan afektif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan signifikansi sebesaar 0,05, diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,088. Sesuai kriteria pengujian, karena nilai Sig.= 0,088 lebih besar dari α = 0,05, maka dapat dinyatakan penerapan model inkuiri terbimbing diertai teknik mind mapping tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai kemampuan afektif siswa. Berdasarkan persentase perolehan kemampuan psikomotor siswa kelas eksperimen pada pertemuan 1 sebesar 74, 52%, pertemuan 2 sebesar 77,05%, dan pertemuan 3 sebesar 86,50%, sehingga rata-rata perolehan kemampuan psikomotor siswa kelas eksperimen sebesar 79,36% dan tergolong dalam kriteria baik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan model inkuiri terbmbing disera teknik mind mapping tidak berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa;(2) Penerapan model inkuiri terbmbing disera teknik mind mapping tidak berpengaruh terhadap kemampuan afektif siswa, dan (3) Kemampuan psikomotor siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai teknik mind mapping tergolong dalam kriteria baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBINGen_US
dc.subjectTEKNIK MIND MAPPINGen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN ARJASAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record