• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015)

    Thumbnail
    View/Open
    Nikmatul Fitriyah - 110210103008.pdf (1.784Mb)
    Date
    2015-12-11
    Author
    Fitriyah, Nikmatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) merupakan suatu model pembelajaran yang memusatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah yang diikuti dengan penguatan keterampilan sehingga siswa dapat lebih kreatif dalam pemecahan masalah yang dihadapi (Supardi, 2010:574). Penelitian ini dikolaborasikan dengan metode mind mapping yang merupakan suatu teknik mencatat dengan mengembangkan gaya belajar visual. Mind mapping memadukan serta mengembangkan potensi kerja otak kanan yang sering disebut dengan otak seni atau otak kreatif yang mengatur fungsi mental yang berhubungan dengan berpikir secara konseptual, gambar, iranma, warna, dimensi maupun bentuk, imajinasi, dan melamun (Widura, 2013:19). Adanya kombinasi warna, simbol, bentuk, dan sebagainya yang dipadukan dalam suatu bentuk kerangka yang merupakan hasil imajinasi atau kreatifitas siswa memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima, adanya teknik mencatat yang efektif diharapkan siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik (Nugroho, 2011:7). Pengamalan langsung siswa untuk menyelesaikan permasalahan secara kreatif akan lebih bermakna bagi siswa dan nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah serta diskusi, dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan untuk menguji kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar afektif siswa dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan untuk menguji pengaruhnya terhadap hasil belajar kogitif siswa menggunakan uji ANAKOVA dengan nilai awal pre-test terhadap nilai akhir posttest menggunakan program aplikasi SPSS for windows versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata perbandingan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen sebesar 77,45±7,66 jika dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 59,31±11,07 dan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan (Sig.=0,00) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan rerata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 68,70±7,64 dan kelas kontrol sebesar 58,26±7,50 serta rerata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 86,18±7,00 sedangkan kelas kontrol sebesar 72,63±9,09 menunjuukan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping berpengaruh sangat signifikan (Sig.=0,00) terhadap hasil belajar kognitif siswa. Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar afektif siswa dengan rerata nilai pada kelas eksperimen sebesar 79,24±8,78 sedangkan kelas kontrol sebesar 64,50±878 dan hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan (Sig.=0,00) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen terhadap hasil belajar afektif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping di SMP Negeri 11 Jember berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67358
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository