• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EVALUASI DAMPAK PEMBANGUNAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) TANJUNGWANGI TERHADAP KINERJA JALAN

    Thumbnail
    View/Open
    Oki Indra Prastana - 111910301005.pdf (7.508Mb)
    Date
    2015-12-11
    Author
    Prastana, Oki Indra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jumlah kendaraan yang semakin hari semakin banyak ini harus ditunjang dengan pengembangan sarana dan prasarana salah satunya adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). SPBU Tanjungwangi dibangun dengan luas 5.671 m2. Berdasarkan data dan analisis yang dilakukan bahwa ruas jalan Banyuwangi – Situbondo masih dalam keadaan yang cukup baik. Hal ini tidak terlepas dari peran jalan tersebut sebagai jalan nasional. Ruas jalan tersebut adalah jalur Banyuwangi – Situbondo yang menghubungkan provinsi Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja ruas jalan tersebut akibat adanya pembangunan SPBU Tanjungwangi. Metode yang dilakukan dengan cara analisis dan observasi. Untuk metode observasi dilakukan dengan melakukan survey langsung dilapangan untuk mendapatkan volume lalu lintas, bangkitan dan tarikan dari bangunan pembanding dan juga inventarisasi jalan. Sedangkan metode analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan juga melakukan prediksi bangkitan akibat pembangunan SPBU Tanjungwangi tersebut dengan menggunakan bangunan pembanding yang tidak jauh dari lokasi pembangunan yaitu SPBU Manyar dan SPBU Kapuran. Besar estimasi bangkitan yang ditimbulkan akibat pembangunan SPBU Tanjungwangi adalah rata – rata 139 kendaraaan bermotor/jam (MC), 38 kendaraan ringan /jam (LV), dan 13 kendaran berat/jam. Setelah diketahui besarnya bangkitan maka dianalisis untuk mengetahui jumlah jalur pelayanan yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan tersebut tidak berpengaruh signifikan akibat pembangunan dan beroperasinya SPBU Tanjungwangi. Hasil analisis pada kondisi eksisting (2015) nilai (DS) ≤0,75 masuk dalam kriteria LOS B dan 2 tahun setelah operasional nilai (DS) masih ≤0,75 tetapi mengalami penurunan kriteria menjadi LOS C, sedangkan 5 tahun setelah operasional nilai (DS) ≥0,75 masuk dalam kriteria LOS D, penurunan tersebut dipengaruhi oleh pertumbuhan kendaraan bukan karena adanya pembebanan SPBU Tanjungwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67323
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository