Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorPermatasari, Silviana Diah
dc.date.accessioned2015-12-07T08:17:15Z
dc.date.available2015-12-07T08:17:15Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66956
dc.description.abstractGuru mempunyai peranan penting atas terselenggaranya proses pembelajaran di kelas. Untuk itu, harus merencanakan proses kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan secara matang. Salah satu penyebab siswa kurang menyukai pelajaran matematika adalah keabstrakan objek matematika dan anggapan negatif siswa bahwa matematika itu sulit. Untuk itu, pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) diterapkan dalam pembelajaran matematika dan dijadikan dasar pengembangan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) buku siswa, (3) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan (4) Tes Hasil Belajar (THB) yang berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Pecahan Sederhana untuk kelas III SD, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Pecahan Sederhana untuk kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahap dimulai dari: (1) tahap pendefinisian dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, (2) tahap perencanaan, yaitu merancang prototipe (draf I) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan membuat kisi-kisi perangkat dan merancang alat evaluasi, pemilihan media dan format serta perancangan awal, (3) tahap pengembangan, meliputi validasi serta uji coba perangkat pembelajaran di kelas III SDN Paseban 02 Kencong Jember. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf II yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran, dan (4) tahap penyebaran, pengemasan produk akhir dan siap untuk disebarkan. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan CTL pokok bahasan pecahan sederhana untuk kelas III SD yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS, dan THB), karena koefisien validitas > 0,60, yaitu berturut-turut adalah 0,93; 0,95; 0,98; dan 0,92. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa perangkat layak digunakan; b) praktis, diperoleh dari hasil analisis: (1) lembar observasi yang menunjukkan persentase aktivitas guru model selama dua pertemuan yaitu mencapai 88,57% pada pertemuan pertama dan 97,14% pada pertemuan kedua, (2) persentase aktivitas belajar siswa yang berkategori baik yaiu 85% pada pertemuan pertama dan 87,33% pada pertemuan kedua. Persentase ini menunjukkan perangkat mudah digunakan guru dan siswa; c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu ‚ 80%, (2 ) lebih dari 80% siswa di kelas III SDN Paseban 02 Paseban Kencong Jember mendapat skor ‚ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.subjectPendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)en_US
dc.subjectPokok Bahasan Pecahan Sederhanaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) POKOK BAHASAN PECAHAN SEDERHANA UNTUK KELAS III SDen_US
dc.typeMapen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record