PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) POKOK BAHASAN PECAHAN SEDERHANA UNTUK KELAS III SD
Abstract
Guru mempunyai peranan penting atas terselenggaranya proses pembelajaran
di kelas. Untuk itu, harus merencanakan proses kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan secara matang. Salah satu penyebab siswa kurang menyukai pelajaran
matematika adalah keabstrakan objek matematika dan anggapan negatif siswa bahwa
matematika itu sulit. Untuk itu, pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) diterapkan dalam pembelajaran matematika dan dijadikan dasar
pengembangan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang
dikembangkan meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) buku
siswa, (3) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan (4) Tes Hasil Belajar (THB) yang
berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan
perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) Pokok Bahasan Pecahan Sederhana untuk kelas III SD, (2) mendeskripsikan
hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) Pokok Bahasan Pecahan Sederhana untuk kelas III
SD.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan
yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan yang terdiri atas 4 tahap dimulai
dari: (1) tahap pendefinisian dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, (2) tahap
perencanaan, yaitu merancang prototipe (draf I) perangkat pembelajaran yang
dimulai dengan membuat kisi-kisi perangkat dan merancang alat evaluasi, pemilihan
media dan format serta perancangan awal, (3) tahap pengembangan, meliputi
validasi serta uji coba perangkat pembelajaran di kelas III SDN Paseban 02 Kencong
Jember. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi
dan hasilnya disebut draf II yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan
sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran, dan (4) tahap
penyebaran, pengemasan produk akhir dan siap untuk disebarkan.
Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan
CTL pokok bahasan pecahan sederhana untuk kelas III SD yang terdiri atas RPP,
buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga
kriteria yaitu:
a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa,
LKS, dan THB), karena koefisien validitas > 0,60, yaitu berturut-turut adalah
0,93; 0,95; 0,98; dan 0,92. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa perangkat
layak digunakan;
b) praktis, diperoleh dari hasil analisis: (1) lembar observasi yang menunjukkan
persentase aktivitas guru model selama dua pertemuan yaitu mencapai 88,57%
pada pertemuan pertama dan 97,14% pada pertemuan kedua, (2) persentase
aktivitas belajar siswa yang berkategori baik yaiu 85% pada pertemuan pertama
dan 87,33% pada pertemuan kedua. Persentase ini menunjukkan perangkat
mudah digunakan guru dan siswa;
c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase respon positif siswa terhadap
perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu ‚ 80%, (2 ) lebih dari
80% siswa di kelas III SDN Paseban 02 Paseban Kencong Jember mendapat
skor ‚ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi
tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas tersebut menunjukkan bahwa
perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.