dc.description.abstract | Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses kegiatan belajar
mengajar sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa
dengan baik, dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga aktivitas dan hasil
belajar siswa meningkat. Namun berdasarkan hasil observasi awal, wawancara, dan
dokumentasi yang dilakukan peneliti di SDN Ajung 3 Jember diketahui bahwa
aktivitas dan hasil belajar masih tergolong cukup. Guru tidak mengajarkan
pendekatan saintifik dengan lengkap dan akibatnya ada materi yang tidak
tersampaikan sehingga pembelajaran kurang bermakna.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan
aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV C pada tema indahnya
negeriku subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan pembelajaran 3 melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di
SDN Ajung 3 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C pada tema indahnya negeriku subtema
keanekaragaman hewan dan tumbuhan pembelajaran 3 melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Ajung 3
Jember.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C di SDN Ajung 3 Jember dengan
jumlah siswa 31 yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil
observasi aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor ratarata
aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 49, meningkat
menjadi 61,9 (kategori aktif) pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat
menjadi 66,45 (kategori aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa untuk penilaian sikap mengalami
peningkatan dari prasiklus dari 29 menjadi 57,1 (kategori sedang/cukup) dan pada
siklus II mengalami peningkatan menjadi 71,83 (kategori baik). Skor rata-rata
penilaian pengetahuan mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar dari 67,4
menjadi 78,9 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,2
(kategori sangat baik). Skor rata-rata penilaian keterampilan mengalami peningkatan
dari prasiklus sebesar 67,2 menjadi 69,1 (kategori sedang/cukup) dan pada siklus II
mengalami peningkatan menjadi 76,9 (kategori baik).
Saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads together (NHT) bagi guru kelas dapat dijadikan bahan
pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Bagi pihak sekolah sebaiknya proses pembelajaran dikelas lebih
diperhatikan dan media penunjang pembelajaran perlu disediakan agar dapat
dipergunakan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu
diadakan penelitian dan pengembangan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Heads together (NHT) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara
maksimal. | en_US |