• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV C TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN AJUNG 3 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Pratiwi Niken Mustikasari - 110210204033.pdf (7.309Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Mustikasari, Pratiei Niken
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik, dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Namun berdasarkan hasil observasi awal, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan peneliti di SDN Ajung 3 Jember diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar masih tergolong cukup. Guru tidak mengajarkan pendekatan saintifik dengan lengkap dan akibatnya ada materi yang tidak tersampaikan sehingga pembelajaran kurang bermakna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV C pada tema indahnya negeriku subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Ajung 3 Jember. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C pada tema indahnya negeriku subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan pembelajaran 3 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Ajung 3 Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV C di SDN Ajung 3 Jember dengan jumlah siswa 31 yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor ratarata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 49, meningkat menjadi 61,9 (kategori aktif) pada siklus I, dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 66,45 (kategori aktif). Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa untuk penilaian sikap mengalami peningkatan dari prasiklus dari 29 menjadi 57,1 (kategori sedang/cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 71,83 (kategori baik). Skor rata-rata penilaian pengetahuan mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar dari 67,4 menjadi 78,9 (kategori baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,2 (kategori sangat baik). Skor rata-rata penilaian keterampilan mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 67,2 menjadi 69,1 (kategori sedang/cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76,9 (kategori baik). Saran yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads together (NHT) bagi guru kelas dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi pihak sekolah sebaiknya proses pembelajaran dikelas lebih diperhatikan dan media penunjang pembelajaran perlu disediakan agar dapat dipergunakan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu diadakan penelitian dan pengembangan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads together (NHT) agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66936
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository