Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorHidayati, Nita
dc.date.accessioned2015-12-07T07:43:43Z
dc.date.available2015-12-07T07:43:43Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204107
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66932
dc.description.abstractSalah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor ekstern, berupa alat peraga pembelajaran. Dengan adanya alat peraga pembelajaran yang lengkap dan tepat dapat memperlancar penerimaan materi yang diberikan kepada siswa. Alat peraga adalah suatu alat pembelajaran yang berfungsi untuk meragakan konsep-konsep yang dipelajari melalui percobaan dalam kegiatan pembelajaran IPA. Alat peraga berperan sebagai komponen yang berfungsi memperjelas materi pembelajaran sehingga lebih realistis dan objektif. Alat peraga dapat menambah minat siswa dalam belajar, dan memberikan bentuk yang nyata atau konkrit. Untuk itu, alat peraga diharapkan dapat memberikan hasil belajar yang maksimal kepada siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan alat peraga IPA terhadap hasil belajar tema pahlawanku pokok bahasan sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Randuagung 01-Lumajang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Randuagung 01 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 67 siswa, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA dan IVB dengan jumlah siswa kelas IVA 35 siswa dan kelas IVB 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni atau true eksperimen design dengan pola pre-test post-test control group design. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui tingkat kemampuan yang dimiliki melalui pre-test. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh harga t0 = 0,512, kemudian harga t0 ini dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan db = 65 pada taraf signifikansi 5% yang memiliki harga ttabel = 1,998. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemampuan awal siswa kelas IVA dan IVB sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Setelah diketahui kemampuan awal siswa, dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengundian, kelas IVA mendapatkan undian sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB mendapatkan undian sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan rumus ujit. Hasil yang diperoleh dari perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t yaitu harga thitung = 2,935, harga thitung ini dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan db = 65 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh ttabel = 1,998. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil analisis yaitu thitung > ttabel (2,935 > 1,998). Dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hɑ) diterima. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga IPA terhadap hasil belajar tema pahlawanku pokok bahasan sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Randuagung 01-Lumajang tahun pelajaran 2014/2015. Saran dari penelitian ini adalah alat peraga diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran pada kurikulum 2013 khususnya pada materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) guna meningkatkan kemampuan peserta didik, dapat memberikan wawasan, masukan serta bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAlat Peraga IPAen_US
dc.subjectPokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Siswaen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA PAHLAWANKU POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS IV SDN RANDUAGUNG 01-LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record