PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA PAHLAWANKU POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS IV SDN RANDUAGUNG 01-LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor ekstern,
berupa alat peraga pembelajaran. Dengan adanya alat peraga pembelajaran yang
lengkap dan tepat dapat memperlancar penerimaan materi yang diberikan kepada
siswa. Alat peraga adalah suatu alat pembelajaran yang berfungsi untuk meragakan
konsep-konsep yang dipelajari melalui percobaan dalam kegiatan pembelajaran IPA.
Alat peraga berperan sebagai komponen yang berfungsi memperjelas materi
pembelajaran sehingga lebih realistis dan objektif. Alat peraga dapat menambah
minat siswa dalam belajar, dan memberikan bentuk yang nyata atau konkrit. Untuk
itu, alat peraga diharapkan dapat memberikan hasil belajar yang maksimal kepada
siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh penggunaan alat peraga IPA terhadap hasil belajar tema pahlawanku pokok
bahasan sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Randuagung 01-Lumajang tahun
pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Randuagung 01 dengan populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 67 siswa, terdiri dari 2 kelas
yaitu kelas IVA dan IVB dengan jumlah siswa kelas IVA 35 siswa dan kelas IVB 32
siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni atau true eksperimen
design dengan pola pre-test post-test control group design. Sebelum menentukan
kelas eksperimen dan kelas kontrol, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas untuk
mengetahui tingkat kemampuan yang dimiliki melalui pre-test. Hasil perhitungan uji
homogenitas diperoleh harga t0 = 0,512, kemudian harga t0 ini dikonsultasikan
dengan harga ttabel dengan db = 65 pada taraf signifikansi 5% yang memiliki harga
ttabel = 1,998. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kemampuan awal siswa
kelas IVA dan IVB sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Setelah diketahui
kemampuan awal siswa, dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengundian, kelas IVA mendapatkan undian
sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB mendapatkan undian sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa
yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan rumus ujit.
Hasil yang diperoleh dari perhitungan dengan menggunakan rumus uji-t yaitu
harga thitung = 2,935, harga thitung ini dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan db =
65 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh ttabel = 1,998. Berdasarkan
perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil analisis yaitu thitung > ttabel (2,935 >
1,998). Dengan demikian, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Hɑ)
diterima.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang signifikan penggunaan alat peraga IPA terhadap hasil belajar tema pahlawanku
pokok bahasan sifat-sifat cahaya siswa kelas IV SDN Randuagung 01-Lumajang
tahun pelajaran 2014/2015. Saran dari penelitian ini adalah alat peraga diharapkan
dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran pada kurikulum 2013
khususnya pada materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) guna meningkatkan
kemampuan peserta didik, dapat memberikan wawasan, masukan serta bahan
pertimbangan dalam penelitian selanjutnya.