dc.description.abstract | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yang dapat meningkatkan
hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 dan
bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN
Ajung 03 melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based
Learning). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yang dapat meningkatkan
hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 dan untuk
meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03
melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning).
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Ajung 03 sebanyak 30 siswa yang terdiri
atas 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data diperoleh dari siswa dan guru
kelas VA SDN Ajung 03. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif.
Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
yang dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN
Ajung 03 dilakukan melalui : a) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, b)
membentuk kelompok heterogen dengan jumlah 5 orang, c) memberikan pertanyaan
mendasar tentang tumbuhan dan hewan, d) menentukan proyek yang akan dikerjakan,
e) memfasilitasi siswa jika ada yang tanya tentang alat dan bahan, f) memberi
kesempatan siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya, g) menyusun jadwal, h)
menjelaskan cara membuat poyek yang baik, i) memonitor aktivitas siswa, j)
menjelaskan cara memperesentasikan hasil proyek yang baik dan benar, k)
mengevaluasi siswa, dan l) melakukan refleksi terhadap pengalaman siswa selama
mengerjakan proyek.
Melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based
Learning), hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03
meningkat. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar keterampilan berbicara siswa
pada tahap prasiklus yaitu sebanyak 1 siswa (3,33%) tergolong sangat baik, 7 siswa
(23,33%) tergolong baik, 15 siswa ( 50%) tergolong sedang/cukup dan 7 siswa
(23,33%) tergolong kurang. Pada tahap siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar
siswa sebesar 81%. Pada tahap siklus I sebanyak 6 siswa (20%) tergolong sangat
baik, 9 siswa (30%) tergolong baik, 10 siswa (33,33%) tergolong sedang/cukup dan 5
siswa (16,67%) tergolong kurang. Selanjutnya, pada tahap siklus II Sebanyak 16
siswa (53,33%) tergolong sangat baik, 9 siswa (30%) tergolong baik, 5 siswa
(16,67%) tergolong sedang/cukup.
Saran bagi guru, perlu adanya variasi model pembelajaran seperti model
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) agar dapat membangkitkan
motivasi dan kreativitas siswa sehingga hasil belajar keterampilan berbicara siswa
dapat meningkat. | en_US |