• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VA SDN AJUNG 03

    Thumbnail
    View/Open
    Lutfiana Indah Sari - 110210204039.pdf (6.356Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Sari, Lutfiana Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yang dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yang dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 dan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Ajung 03 sebanyak 30 siswa yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas VA SDN Ajung 03. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) yang dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 dilakukan melalui : a) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, b) membentuk kelompok heterogen dengan jumlah 5 orang, c) memberikan pertanyaan mendasar tentang tumbuhan dan hewan, d) menentukan proyek yang akan dikerjakan, e) memfasilitasi siswa jika ada yang tanya tentang alat dan bahan, f) memberi kesempatan siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknya, g) menyusun jadwal, h) menjelaskan cara membuat poyek yang baik, i) memonitor aktivitas siswa, j) menjelaskan cara memperesentasikan hasil proyek yang baik dan benar, k) mengevaluasi siswa, dan l) melakukan refleksi terhadap pengalaman siswa selama mengerjakan proyek. Melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas VA SDN Ajung 03 meningkat. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar keterampilan berbicara siswa pada tahap prasiklus yaitu sebanyak 1 siswa (3,33%) tergolong sangat baik, 7 siswa (23,33%) tergolong baik, 15 siswa ( 50%) tergolong sedang/cukup dan 7 siswa (23,33%) tergolong kurang. Pada tahap siklus I rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 81%. Pada tahap siklus I sebanyak 6 siswa (20%) tergolong sangat baik, 9 siswa (30%) tergolong baik, 10 siswa (33,33%) tergolong sedang/cukup dan 5 siswa (16,67%) tergolong kurang. Selanjutnya, pada tahap siklus II Sebanyak 16 siswa (53,33%) tergolong sangat baik, 9 siswa (30%) tergolong baik, 5 siswa (16,67%) tergolong sedang/cukup. Saran bagi guru, perlu adanya variasi model pembelajaran seperti model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) agar dapat membangkitkan motivasi dan kreativitas siswa sehingga hasil belajar keterampilan berbicara siswa dapat meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66860
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository