PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM MENULIS KARANGAN NARASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 04 JEMBER KIDUL KALIWATES JEMBER
Abstract
Penggunaan media pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa indonesia
dalam menulis karangan sudah berlangsung, tetapi sangat jarang pembelajaran
menggunakan media grafis yaitu poster. Pembelajaran Bahasa Indonesia erat
kaitannya dengan meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi baik secara
lisan maupun tulis. Penggunaan media poster khususnya pada keterampilan
menulis membantu daya nalar siswa yang menghasilkan ide, gagasan, dan
perasaan kemudian dituangkan kedalam tulisan.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh positif yang
signifikan pada penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap
hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Jember Kidul Kaliwates Jember dan
Seberapa besarkah tingkat keefektifan terhadap penggunaan media poster dalam
menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04
Jember Kidul Kaliwates Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan media media
poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri 04 Jember Kidul Kaliwates Jember, dan mengetahui besar keefektifan
relatif yang diberikan terhadap penggunaan media media poster dalam menulis
karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Jember Kidul
Kaliwates Jember.
Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Jember
Kidul, dimulai 21 November sampai dengan 30 Desember 2015, populasi
penelitian adalah siswa kelas VA dan kelas VB dengan jumlah siswa setiap kelas
43 dan 48 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental tipe pre-test
post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang
berupa tes tulis subjektif dalam bentuk uraian pada pre-test dan post-test.
Pada penelitian ini, kelas VA bertindak sebagai kelas kontrol yaitu kelas
tanpa menggunakan media poster dalam menulis karangan narasi selama proses
pembelajarannya, sedangkan kelas VB sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang
dalam menulis karangan selama proses pembelajarannya dengan menggunakan
media poster. Proses pembelajaran di kelas kontrol tanpa menggunakan media.
Selanjutnya dilakukan uji t dengan menggunakan data hasil pre-test dan post-test.
Uji t dilakukan dengan manual dan menggunakan program statistik SPSS 17.00
dengan taraf signifikansi 5%. Selanjutnya dilakukan uji t independen antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil uji statistik independent test
menggunakan program SPSS versi 17.00 diperoleh bahwa hasil >
yaitu 4,604 > 1,986 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang
signifikan antara nilai siswa dengan menggunakan media poster dalam menulis
karangan narasi dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan media
poster dalam menulis karangan narasi. Pencapaian hasil belajar siswa dalam
menulis karangan narasi dengan menggunakan media poster menunjukkan lebih
efektif sekitar 45,10% bila dibandingkan siswa dalam menulis karangan narasi
tanpa menggunakan media. Atau dengan kata lain, bahwa penggunaan media
poster dalam menlis karangan narasi lebih efektif 45,10 % dibandingkan dengan
pembelajaran menulis karangan narasi tanpa menggunakan media dalam
pencapaian hasil belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan
pada penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil
belajar siswa kelas V SDN 04 Jember Kidul Kaliwates Jember. Adapun saran dari
peneliti adalah guru perlu mengemas pembelajaran agar lebih menyenangkan agar
tidak timbul kejenuhan di dalam kelas dan meningkatkan kreatifitas dalam
menggunakan media pembelajaran.