• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM MENULIS KARANGAN NARASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 04 JEMBER KIDUL KALIWATES JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Lia Hikmawati - 110210204002.pdf (7.951Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Hikmawati, Lia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan media pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa indonesia dalam menulis karangan sudah berlangsung, tetapi sangat jarang pembelajaran menggunakan media grafis yaitu poster. Pembelajaran Bahasa Indonesia erat kaitannya dengan meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis. Penggunaan media poster khususnya pada keterampilan menulis membantu daya nalar siswa yang menghasilkan ide, gagasan, dan perasaan kemudian dituangkan kedalam tulisan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Jember Kidul Kaliwates Jember dan Seberapa besarkah tingkat keefektifan terhadap penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Jember Kidul Kaliwates Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan media media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Jember Kidul Kaliwates Jember, dan mengetahui besar keefektifan relatif yang diberikan terhadap penggunaan media media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Jember Kidul Kaliwates Jember. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Jember Kidul, dimulai 21 November sampai dengan 30 Desember 2015, populasi penelitian adalah siswa kelas VA dan kelas VB dengan jumlah siswa setiap kelas 43 dan 48 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental tipe pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes tulis subjektif dalam bentuk uraian pada pre-test dan post-test. Pada penelitian ini, kelas VA bertindak sebagai kelas kontrol yaitu kelas tanpa menggunakan media poster dalam menulis karangan narasi selama proses pembelajarannya, sedangkan kelas VB sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang dalam menulis karangan selama proses pembelajarannya dengan menggunakan media poster. Proses pembelajaran di kelas kontrol tanpa menggunakan media. Selanjutnya dilakukan uji t dengan menggunakan data hasil pre-test dan post-test. Uji t dilakukan dengan manual dan menggunakan program statistik SPSS 17.00 dengan taraf signifikansi 5%. Selanjutnya dilakukan uji t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 17.00 diperoleh bahwa hasil > yaitu 4,604 > 1,986 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dengan menggunakan media poster dalam menulis karangan narasi dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan media poster dalam menulis karangan narasi. Pencapaian hasil belajar siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media poster menunjukkan lebih efektif sekitar 45,10% bila dibandingkan siswa dalam menulis karangan narasi tanpa menggunakan media. Atau dengan kata lain, bahwa penggunaan media poster dalam menlis karangan narasi lebih efektif 45,10 % dibandingkan dengan pembelajaran menulis karangan narasi tanpa menggunakan media dalam pencapaian hasil belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan media poster dalam menulis karangan narasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 04 Jember Kidul Kaliwates Jember. Adapun saran dari peneliti adalah guru perlu mengemas pembelajaran agar lebih menyenangkan agar tidak timbul kejenuhan di dalam kelas dan meningkatkan kreatifitas dalam menggunakan media pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66858
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository