Show simple item record

dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorRohmawati, Feni
dc.date.accessioned2015-12-07T04:49:53Z
dc.date.available2015-12-07T04:49:53Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66849
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 33 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Pelaksanaan penerapan metode role playing dalam pembelajaran tematik integratif tema berbagai pekerjaan subtema jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Sidomukti 1 berjalan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode role playing mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 44,16% dengan kategori kurang aktif, mengalami peningkatan sebesar 15,83% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 59,99% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 71,10% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,12%. Hasil belajar siswa selama pembelajaran tematik integratif tema berbagai pekerjaan subtema jenis-jenis pekerjaan melalui penerapan metode role playing juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 65,06, mengalami peningkatan sebesar 5,48 pada siklus 1. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70.54 dan pada siklus II sebesar 76,97 sehingga peningkatannya sebesar 6,42 dengan rata-rata hasil belajar siklus 1 dan siklus II secara klasikal yaitu 73,77. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tema berbagai pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan dapat menerapkan metode role playing dalam pembelajaran agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan menemukan sendiri pengetahuannya dalam permainan peran, sehingga pembelajaran lebih bermakna serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVen_US
dc.titlePENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DI SDN SIDOMUKTI 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record