PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DI SDN SIDOMUKTI 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 33 siswa yang terdiri atas 13
siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua
pertemuan dengan menerapkan metode role playing dalam pembelajaran.
Pelaksanaan penerapan metode role playing dalam pembelajaran tematik
integratif tema berbagai pekerjaan subtema jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas
IV SDN Sidomukti 1 berjalan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang
telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil
belajar siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode role playing
mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pra siklus
sebesar 44,16% dengan kategori kurang aktif, mengalami peningkatan sebesar
15,83% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I
sebesar 59,99% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 71,10%
dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar
11,12%. Hasil belajar siswa selama pembelajaran tematik integratif tema berbagai
pekerjaan subtema jenis-jenis pekerjaan melalui penerapan metode role playing
juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar
65,06, mengalami peningkatan sebesar 5,48 pada siklus 1. Rata-rata hasil belajar
siswa pada siklus I sebesar 70.54 dan pada siklus II sebesar 76,97 sehingga
peningkatannya sebesar 6,42 dengan rata-rata hasil belajar siklus 1 dan siklus II
secara klasikal yaitu 73,77.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode role playing dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tema berbagai pekerjaan
di SDN Sidomukti 1 Probolinggo. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah
diharapkan dapat menerapkan metode role playing dalam pembelajaran agar siswa
dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan menemukan sendiri pengetahuannya
dalam permainan peran, sehingga pembelajaran lebih bermakna serta dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.