• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA BERBAGAI PEKERJAAN DI SDN SIDOMUKTI 1 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Feni Rohmawati - 110210204062.pdf (2.675Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Rohmawati, Feni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 33 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Pelaksanaan penerapan metode role playing dalam pembelajaran tematik integratif tema berbagai pekerjaan subtema jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Sidomukti 1 berjalan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menerapkan metode role playing mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 44,16% dengan kategori kurang aktif, mengalami peningkatan sebesar 15,83% pada siklus 1. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 59,99% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 71,10% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 11,12%. Hasil belajar siswa selama pembelajaran tematik integratif tema berbagai pekerjaan subtema jenis-jenis pekerjaan melalui penerapan metode role playing juga mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 65,06, mengalami peningkatan sebesar 5,48 pada siklus 1. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70.54 dan pada siklus II sebesar 76,97 sehingga peningkatannya sebesar 6,42 dengan rata-rata hasil belajar siklus 1 dan siklus II secara klasikal yaitu 73,77. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tema berbagai pekerjaan di SDN Sidomukti 1 Probolinggo. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan dapat menerapkan metode role playing dalam pembelajaran agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran dan menemukan sendiri pengetahuannya dalam permainan peran, sehingga pembelajaran lebih bermakna serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66849
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository