• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAHMASALAH SOSIAL DI SDN ARJASA 02 SUKOWONO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Fajar Farhadi NR. - 100210204152.pdf (1.472Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Farhadi NR, Fajar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPS di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember masih cenderung memakai metode ceramah yang hanya berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam pembelajaran IPS tersebut dapat diatasi dengan metode Problem Solving sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan Metode Problem Solving dengan Media Gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2013/2015?.” Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan metode Problem Solving siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2013/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember pada siswa kelas IV sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 61% (kategori aktif), dan pada siklus II mencapai persentase 70%, (kategori sangat aktif). Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61 dan pada siklus II sebesar 83 sehingga peningkatannya sebesar 21. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan masalah-masalah di SDN Arjasa 02 Sukowono-Jember tahun pelajaran 2013/2015. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah pembelajaran IPS dengan metode Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dan variasi dalam pembelajaran IPS agar siswa aktif dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66847
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository