PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAHMASALAH SOSIAL DI SDN ARJASA 02 SUKOWONO JEMBER
Abstract
Pembelajaran IPS di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember masih cenderung
memakai metode ceramah yang hanya berpusat pada guru dan kurangnya
pemanfaatan media sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran yang
mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam
pembelajaran IPS tersebut dapat diatasi dengan metode Problem Solving sehingga
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan Metode
Problem Solving dengan Media Gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah
sosial di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2013/2015?.” Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan
metode Problem Solving siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
masalah-masalah sosial di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember Tahun Pelajaran
2013/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Sukowono Jember pada siswa
kelas IV sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 5 siswa
perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model skema Hopkins dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap
yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving mengalami peningkatan.
Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 61%
(kategori aktif), dan pada siklus II mencapai persentase 70%, (kategori sangat aktif).
Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9% dari siklus I ke
siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan hasil belajar siswa
selama pembelajaran IPS melalui metode Problem Solving mengalami peningkatan.
Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61 dan pada siklus II sebesar 83
sehingga peningkatannya sebesar 21.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui metode
Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok
bahasan masalah-masalah di SDN Arjasa 02 Sukowono-Jember tahun pelajaran
2013/2015. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah pembelajaran IPS
dengan metode Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode
pembelajaran dan variasi dalam pembelajaran IPS agar siswa aktif dan tertarik dan
pembelajaran yang dilakukan.