• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Suku Madura di Situbondo;

    Thumbnail
    View/Open
    Rhofy Nur Khairadiningsih-110210101023.pdf (2.534Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Khairadiningsih, Rhofy Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan dan kebudayaan adalah salah satu hubungan antara proses dengan isi. Pendidikan ialah proses pengoperasisan kebudayaan dalam arti membudayakan manusia. Sardijiyo Paulina Pannen (dalam Wahyuni, dkk, 2013: 3) mengatakan bahwa pembelajaran berbasis budaya merupakan suatu model pendekatan pembelajaran yang lebih mengutamakan aktivitas siswa dengan berbagai ragam latar belakang budaya yang dimiliki, diintegrasikan dalam proses pembelajaran bidang studi tertentu, dan dalam penilaian hasil belajar dapat menggunakan beragam perwujudan penilaian. Salah satu yang dapat menjembatani antara budaya dan pendidikan matematika adalah etnomatematika. Rachmawati (2012: 1) mendefinisikan etnomatematika sebagai cara khusus yang dipakai oleh suatu kelompok budaya atau masyarakat tertentu dalam aktivitas matematika. Aktivitas matematika adalah aktivitas yang di dalamnya terjadi proses pengabstraksian dari pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari ke dalam matematika atau sebaliknya, meliputi aktivitas mengelompokkan, berhitung, mengukur, merancang bangunan atau alat, membuat pola, membilang, menentukan lokasi, bermain, menjelaskan, dan sebagainya. Jika ditinjau dari sudut pandang riset maka etnomatematika didefinisikan sebagai antropologi budaya (cultural anthropology of mathematics) dari matematika dan pendidikan matematika. Etnomatematika menggunakan konsep matematika secara luas yang terkait dengan berbagai aktivitas matematika, meliputi aktivitas mengelompokkan, berhitung, ix mengukur, merancang bangunan atau alat, bermain, menentukan lokasi, dan lain sebagainya. Pada penelitian ini, aktivitas masyarakat suku Madura di Situbondo yang diteliti adalah aktivitas membilang yaitu pada saat melakukakn operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dalam transaksi jual-beli yang dilakukan oleh penjual maupun pembeli. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dengan 4 orang yang merupakan pembeli dan 3 orang yang merupakan penjual yang melakukan aktivitas membilang pada transaksi jual-beli yang dilakukan oleh masyarakat suku Madura di Situbondo. Setelah data hasil wawancara diperoleh, kemudian dianalisis. Sehingga diperoleh data bahwa aktivitas suku Madura di Situbondo dalam melakukan transaksi jual beli yang berkaitan dengan matematika, yaitu a) pembeli mengetahui harga semua barang yang dibelinya, penjual sudah tidak menjual barang dengan harga Rp 250,00; Rp 1.250,00; Rp 1.3000,00, dan seterusnya, b) penjual lebih memilih menjual barang seharga Rp 500,00 dapat 2, Rp 1.500,00 dapat 2, dan seterusnya (kelipatan 500), c) penjual lebih memilih untuk menjual sayur mayurnya perikat atau perbungkus (tidak dijual perbuah atau pertangkai), d) penjual lebih memilih menjual daging ayam, ikan, udang, dan lain-lain perbungkus yang setiap bungkusnya berisi ¼ kg, e) penjual lebih memilih menjual cabai dan terasi perbungkus daripada perkilogram, f) pembeli lebih memilih membayar belanjaan dengan uang pas atau sesuai dengan kondisi (uang yang mereka bawa), g) penjual memberikan uang kembalian dengan cara menggenapi total belanjaan pembeli atau dengan menjumlahkan, tidak mengurangi, h) apabila penjual tidak mempunyai uang kembalian, maka penjual akan menawarkan vetsin, permen, dan lain-lain. Selain itu juga ada pembeli yang dengan sengaja meninggalkan uang kembaliannya pada penjual, i) penjual sudah menghafal semua harga barang yang dijualnya. Selain itu hasil etnomatematika masyarakat suku Madura di Situbondo pada aktivitas membilang juga terlihat pada caranya menyebutkan bilangan 1, 2, 3, ... dalam bahasa Madura dan juga pada saat mengoperasikan bilangann-bilangan tersebut dalam operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66826
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository