• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum 2013 KelasVII Di SMPN 3 Jember;

    Thumbnail
    View/Open
    Riska Yuli Setiarini-110210101085.pdf (2.594Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Setiarini, Riska Yuli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah berupaya untuk menyempurnakan pelaksanaan kurikulum di Indonesia melalui Kurikulum 2013. Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 menekankan pada materi pembelajaran yang berbasis fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan penalaran tertentu. Proses pembelajaran tersebut harus dapat diterapkan dalam semua mata pelajaran, salah satunya adalah Matematika. Kurikulum 2013 mengembangkan standar proses pembelajaran yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan RPP, penyiapan media dan sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kegiatan inti menggunakan langkah-langkahh pendekatan saintifik, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Penilaian menggunakan penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai kesiapan peserta didik, proses, dan hasil belajar secara utuh. Pelaksanaan Kurikulum 2013 secara bertahap menunjukkan bahwa perlu dilakukan pengamatan, evaluasi dan uji coba sebelum melaksanakan Kurikulum 2013 secara menyeluruh, agar pelaksanaan Kurikulum 2013 berjalan tertib dan sesuai dengan tujuan. Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika yang berlangsung di SMPN 3 Jember kelas VII. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif yang menggunakan instrumen penilitian lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah data hasil observasi, angket dan hasil wawancara secara mendalam. ix Berdasarkan hasil validasi terhadap angket, pedoman wawancara dan lembar observasi, maka diperoleh instrumen penelitian yang valid dan dapat digunakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran revisi yang telah diberikan validator. Setelah dilakukan observasi terhadap kegiatan belajar mengajar, selanjtunya adalah pengisian angket, dokumentasi RPP dan melakukan wawancara kepada guru matematika kelas VII dan tiga peserta didik kelas VII. Berdasarkan hasil analis data yang diperoleh, secara keseluruhan RPP yang disusun oleh guru matematika kelas VII sudah sesuai dengan indikator Kurikulum 2103, namun masih terdapat indikator tujuan dan model pembelajaran yang seharusnya tidak tercantum. Guru matematika telah menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan mengamati dilakukan peserta didik dengan melihat tampilan slide PPT dan mendengarkan penjelasan guru. Kegiatan menanya dilakukan dengan tanya jawab antara guru dan peserta didik. Kegiatan mengumpulkan informasi dilakukan dengan mengerjakan LKS dan latihan soal pada buku siswa. Kegiatan menalar dilakukan dengan mengaitkan soal-soal yang telah dikerjakan untuk menemukan suatu konsep dan menyelesaikan persoalan matematika. Kegiatan mengkomunikasikan dilakukan dengan menyampaikan hasil diskusi dan pekerjaan peserta didik baik secara lisan maupun presentasi. Penilaian yang dilakukan oleh guru matematika adalah penilaian autentik. Penilaian sikap yang diperoleh dengan melakukan observasi dan penilaian teman sebaya, penilaian pengetahuan yang diperoleh melalui pemberian soal dan ulangan dan penilaian keterampilan yang diperoleh melaui penugasan untuk membuat project atau produk. Kendala yang dialami guru matematika kelas VII adalah pengumpulan informasi untuk penilaian sikap dan keterampilan yang memerlukan banyak waktu dan tenaga. Selain itu juga buku kurikulum 2013 edisi terbaru belum tersalurkan di sekolah, sehingga guru harus menyediakan sendiri sumber belajar yang digunakan. Guru juga mengalami kendala pada perangkat kurikulum 2013 yang tidak terperinci.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66789
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository