Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorTrapsilasiwi, Dinawati
dc.contributor.authorWiyanti, Ferina Widya
dc.date.accessioned2015-12-07T02:24:44Z
dc.date.available2015-12-07T02:24:44Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210151010;
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66759
dc.description.abstractDalam mempelajari matematika seringkali dibutuhkan pengetahuanpengetahuan sebelumnya yang mempunyai korelasi dengan pengetahuan yang sedang dipelajari. Tidak hanya mengetahui, namun diperlukan pula pemahaman yang baik dari materi yang telah dipelajari sebelumnya. Meskipun matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami, dalam pengaplikasiannya, mata pelajaran matematika khususnya di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah hanya mencakup beberapa level berpikir dalam ranah kognitif, yaitu level mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying). Ketiga level ini merupakan level rendah pada tingkat berpikir, dari 6 level berpikir dalam ranah kognitif yang dikelompokkan oleh Benjamin Samuel Bloom, yang teorinya dikenal dengan Taksonomi Bloom. Pada kenyataannya, kemampuan berpikir yang lebih tinggi, yaitu menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating) dan mencipta (creating) mutlak diperlukan agar siswa di Indonesia mampu bersaing dengan siswa-siswa dari negara lain dalam bidang matematika serta untuk bekal yang memadai dalamm enghadapi masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP, (2) Memperoleh hasil pengembangan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat. Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) dimulai dengan tahap pendefinisian. Tahap kedua adalah tahap perancangan (design). Tahap ketiga adalah tahap pengembangan (develop). Tahap terakhir adalah tahap penyebaran. Tahap ini dilakukan dengan penyerahan perangkat pembelajaran ke guru matematika sekolah uji coba, laboma, perpustakaan Universitas Jember, dan publikasi jurnal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTes Matematikaen_US
dc.titlePengembangan Tes Matematika Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa SMP;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record