• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Tes Matematika Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa SMP;

    Thumbnail
    View/Open
    Ferina Widya Wiyanti-110210101049.pdf (6.144Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Wiyanti, Ferina Widya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam mempelajari matematika seringkali dibutuhkan pengetahuanpengetahuan sebelumnya yang mempunyai korelasi dengan pengetahuan yang sedang dipelajari. Tidak hanya mengetahui, namun diperlukan pula pemahaman yang baik dari materi yang telah dipelajari sebelumnya. Meskipun matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami, dalam pengaplikasiannya, mata pelajaran matematika khususnya di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah hanya mencakup beberapa level berpikir dalam ranah kognitif, yaitu level mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying). Ketiga level ini merupakan level rendah pada tingkat berpikir, dari 6 level berpikir dalam ranah kognitif yang dikelompokkan oleh Benjamin Samuel Bloom, yang teorinya dikenal dengan Taksonomi Bloom. Pada kenyataannya, kemampuan berpikir yang lebih tinggi, yaitu menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating) dan mencipta (creating) mutlak diperlukan agar siswa di Indonesia mampu bersaing dengan siswa-siswa dari negara lain dalam bidang matematika serta untuk bekal yang memadai dalamm enghadapi masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP, (2) Memperoleh hasil pengembangan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat. Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan adalah model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) dimulai dengan tahap pendefinisian. Tahap kedua adalah tahap perancangan (design). Tahap ketiga adalah tahap pengembangan (develop). Tahap terakhir adalah tahap penyebaran. Tahap ini dilakukan dengan penyerahan perangkat pembelajaran ke guru matematika sekolah uji coba, laboma, perpustakaan Universitas Jember, dan publikasi jurnal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66759
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository