• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN JAHE GAJAH (Zingiber offinale Rosc.) DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Lukman Fardani-101510601021.pdf (3.855Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Fardani, Lukman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jahe (Zingiber offinale Rosc.) merupakan tanaman obat yang banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satu tamanan rempah dan obat-obatan yang berpotensi besar untuk dikembangkan secara komersial dan berwawasan agribisnis adalah jahe. Untuk memenuhi kebutuhan jahe diperlukan usaha peningkatan pengembangan, pembudidayaan, dan pemasaran. Dengan adanya peningkatan terhadap pemintaan jahe, maka perlu didukung sistem yang baik, sebab tanpa ada bantuan sistem pemasaran, pelaku bisnis akan rugi karena barang hasil produksinya tidak dapat dijual. Tujuan penelitian ini dilakukan yakni (1) Untuk mengetahui pola saluran pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. (2) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, analitik dan korelatif. Metode pengambilan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan pada permasalahan pertama menggunakan deskriptif, permasalahan kedua menggunakan analisis biaya dan margin pemasaran sedangkan permasalahan ketiga menggunakan bauran pemasaran (Marketing mix) 4P yakni Product, Price, Place, promotion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran jahe gajah di Kabupaten Jember ada 3 macam yaitu saluran pemasaran tingkat I (Petani – tengkulak – Eksportir), saluran pemasaran tingkat II (Petani – Tengkulak – Pengecer – Konsumen), dan saluran pemasaran tingkat III (Petani – Tengkulak – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen). Saluran pemasara tinglat I merupakan saluran pemasaran yang paling efisien karena memiliki nilai MP dan efisiensi pemasaran paling kecil yakni Rp 800 dan 1,60%. Usahatani jahe gajah di Kabupaten Jember menggunakan strategi marketing mix dalam mengembangkan pemasaran jahe gajah yakni melalui kualitas dari produk, penetapan harga melalui asosiasi petani jahe gajah, memperkuat hubungan emosional dengan lembaga pemasaran dan menlakukan promosi dengan memanfaatkan sosial media
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66732
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository