PENGARUH PRODUK, TINGKAT HARGA (UANG MUKA DAN ANGSURAN), PROMOSI DAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN MOTOR DI JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul "Pengaruh Produk, Harga (Uang Muka dan Angsuran), Promosi dan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pembelian Motor di Jember" bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh produk, tingkat harga (uang muka dan angsuran), promosi dan layanan secara individu maupun bersama-sarna terhadap kepuasan konsumen pada pembelian motor di Jember dan untuk mengetahui besamya pengaruh produk, tingkat harga (uang muka dan angsuran), prornosi dan layanan secara individu maupun bersama-sama terhadap kepuasan konsumen pada pembelian motor di Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian motor Jepang maupun Cina di Jember secara kredit dengan jangka waktu angsuran antara l sampai 3 tahun sebanyak 50 responden teknik pengambilan sampel mela1ui metode simpel random sampling dari konsurnen yang melakukan pembelian motor Jepang maupun Cina secara kredit pengarnbilan datanya menggunakan data primer melalni penyebaran kuisioner.
Dari analisis yang dilakukan diperoleh persarnaan regresi linier berganda yaitu Y = -1,930 + l,183X1 + 1,026X2 + 0,190X3 + 1,882X4. Untuk uji t didapat ttabel = (0,005/2;45) = 2,201 dan dari program SPSS diperoleh: thitung produk (b1.) = 5,576 ; thitung harga (uang muka dan angsuran) (b2) = 3,867; thitung promosi (b3) = 3,702 dan thitung layanan (b4) = 6,473. Kalau dibandingkan dengan nilai ttabel (2,20 l ) secara umum maka nilai thitung > ttabel. Sedang untuk uji F diketahui Fhitung = 64,760 dan Ftabel yaitu F (0,005; 4/45) = 2,61 karena Fhitung > Ftabel (64,760 > 2,61) dengan tingkat signifikan 5% atau 0,05 maka variabel produk (X1), harga (uang muka dan angsuran) (X2), promosi (X3) dan layanan (X4) berpengaruh secara bersama-sama. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi berganda diketahui R2 Adjusted = 0,839 atau 83,9% artinya bahwa variabel produk (X1), harga (uang muka dan angsuran) (X2), promosi (X3) dan layanan (X4) memberikan sumbangan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 83,9%.
Kesimpulannya bahwa variabel produk (X1), harga (uang muka dan angsuran) (X2), prornosi (X3) dan layanan (X4) secara sendiri-sendiri maupun bersarna-sarna berpengaruh serta memberikan sumbangan terhadap kepuasan konsurnen (Y).