PENGARUH PRODUK, TINGKAT HARGA (UANG MUKA DAN ANGSURAN), PROMOSI DAN LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PEMBELIAN MOTOR DI JEMBER
Abstract
Penelitian    dengan   judul    "Pengaruh    Produk,    Harga   (Uang   Muka  dan Angsuran),   Promosi  dan  Layanan  Terhadap  Kepuasan  Konsumen  Pada Pembelian Motor  di Jember"  bertujuan   untuk   mengetahui   ada  tidaknya   pengaruh   produk, tingkat  harga  (uang  muka  dan  angsuran),   promosi  dan  layanan secara  individu maupun   bersama-sarna    terhadap   kepuasan   konsumen   pada  pembelian   motor   di Jember   dan  untuk   mengetahui    besamya   pengaruh   produk,   tingkat   harga  (uang muka dan angsuran),  prornosi  dan layanan   secara  individu  maupun  bersama-sama terhadap   kepuasan   konsumen pada  pembelian   motor  di  Jember.   Populasi  dalam penelitian ini adalah   konsumen yang  telah  melakukan   pembelian  motor  Jepang maupun  Cina  di Jember   secara   kredit  dengan  jangka waktu  angsuran antara l sampai 3  tahun sebanyak 50 responden teknik   pengambilan sampel   mela1ui metode   simpel  random  sampling  dari   konsurnen   yang   melakukan    pembelian motor Jepang  maupun  Cina  secara kredit  pengarnbilan   datanya  menggunakan  data primer  melalni   penyebaran   kuisioner.
Dari  analisis  yang  dilakukan   diperoleh   persarnaan regresi   linier  berganda yaitu        Y =  -1,930 + l,183X1 + 1,026X2 + 0,190X3 + 1,882X4. Untuk  uji  t didapat ttabel  =   (0,005/2;45) =   2,201 dan  dari  program   SPSS  diperoleh:     thitung produk  (b1.)  = 5,576 ;   thitung   harga  (uang  muka  dan  angsuran)    (b2)  = 3,867;   thitung promosi  (b3)  =   3,702   dan thitung  layanan  (b4)  =  6,473.    Kalau  dibandingkan dengan nilai  ttabel    (2,20 l )  secara   umum   maka   nilai  thitung  >   ttabel.    Sedang   untuk   uji  F diketahui     Fhitung  =  64,760   dan  Ftabel   yaitu  F (0,005; 4/45)  =  2,61    karena   Fhitung > Ftabel   (64,760    >  2,61)     dengan   tingkat    signifikan     5%  atau   0,05   maka   variabel produk   (X1),   harga  (uang   muka  dan  angsuran)   (X2),  promosi   (X3)   dan  layanan (X4) berpengaruh secara    bersama-sama. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi berganda diketahui R2 Adjusted = 0,839 atau 83,9% artinya bahwa variabel   produk   (X1),  harga  (uang  muka  dan  angsuran)   (X2), promosi (X3) dan layanan (X4) memberikan  sumbangan secara   bersama-sama  terhadap   kepuasan konsumen  (Y)  sebesar  83,9%.
Kesimpulannya bahwa variabel produk (X1), harga (uang muka dan angsuran)    (X2), prornosi (X3) dan layanan (X4) secara sendiri-sendiri maupun bersarna-sarna     berpengaruh    serta   memberikan    sumbangan    terhadap    kepuasan konsurnen    (Y).
