• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kecerdasan Visual Spasial dan Logika Matematika dalam menyelesaikan Soal Geometri Siswa Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember;

    Thumbnail
    View/Open
    Lina Nofianti Halimatul Ummi - 110210101005.pdf (7.188Mb)
    Date
    2015-12-04
    Author
    Halimatul Ummi, Lina Nofianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada diri manusia setidaknya terdapat 8 jenis kecerdasan yaitu kecerdasan kecerdasan verbal-linguistik, logis-matematis, visual-spasial, berirama-musik, jasmaniah-kinestetik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalistik, namun tidak semua kecerdasan tersebut menonjol pada semua individu. Kecerdasan yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika adalah kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika. Kecerdasan visual spasial berkaitan dengan kemampuan seseorang memahami permasalahan geometri yang meliputi pengimajinasian, pengonsepan, pemecahan masalah, dan menemukan pola. Kecerdasan logika matematika merupakan kemampuan dalam mengorganisasi penyelesaian suatu permasalahan matematika yang meliputi klasifikasi, membandingkan, operasi hitung matematika, penalaran deduktif dan induktif, membentuk hipotesis, dan memeriksa kembali. Guru Kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember belum mengetahui kecerdasan visual spasial dan logika matematika yang dimiliki siswanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika dalam menyelesaikan soal geometri siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika dalam menyelesaikan soal geometri siswa kelas XI IPA 8 SMA Negeri 2 Jember. ix Pada penelitian ini dianalisis kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika dalam menyelesaikan soal geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didahului dengan pengembangan instrumen tes kecerdasan visual-spasial dan logika-matematika. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan karakteristik apa saja yang terpenuhi dan bagaimana karakteristik tersebut dapat terpenuhi pada subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kecerdasan visual spasial, tes kecerdasan logika matematika, pedoman wawancara, dan lembar validasi tes kecerdasan dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil tes dan wawancara yang digunakan untuk mengkonfirmasi hasil tes. Hasil validasi tes diperoleh bahwa tes tersebut memiliki nilai validasi 4,21 dan termasuk kriteria valid dengan beberapa saran revisi. Setelah dilakukan uji validitas, kemudian dilakukan revisi terhadap tes. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas terhadap tes yang telah direvisi. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa tes tersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,6325 untuk tes kecerdasan visual spasial dan 0,728 untuk tes kecerdasan logika matematika. Kategori reliabilitas tes tersebut adalah tinggi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan, maka tes tersebut dikatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk penelitian. Setelah didapatkan hasil tes dan wawancara, data tersebut dianalisis berdasarkan indikator karakteristik kecerdasan visual spasial dan logika matematika. Seluruh karakteristik kecerdasan visual spasial dan logika matematika dapat terlihat pada subjek penelitian. Beberapa siswa dapat memenuhi keseluruhan karakteristik tersebut, ada juga yang memenuhi hanya sebagian dari karakteristik kecerdasan visual spasial maupun kecerdasan logika matematika. Kecerdasan yang dominan pada subjek penelitian adalah kecerdasan visual spasial, namun tidak ditemukan keterkaitan yang menyeluruh pada kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logika matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66526
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository