• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INOVASI PRODUK BERBASIS KEMASAN PADA KERIPIK PISANG UD. SHABRINA DI LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Firjon Al Barnadib - 110910202004.pdf (4.865Mb)
    Date
    2015-12-04
    Author
    Al Barnadib, Muhammad Firjon
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kabupaten Lumajang merupakan salah satu Kabupaten yang terkenal dengan potensi pertanian dan perkebunannya, salah satunya adalah buah pisang. Pisang yang terkenal dari Lumajang adalah pisang agung semeru dan pisang mas kirana. Cukup melimpahnya potensi buah pisang di Lumajang diikuti oleh banyaknya usaha pengolahan buah pisang menjadi berbagai macam makanan olahan, salah satu yang cukup terkenal selama ini adalah keripik pisang. UD. Shabrina merupakan salah satu usaha yang mengolah pisang menjadi keripik, khususnya pisang agung. Persaingan antar usaha keripik pisang di Lumajang yang semakin ketat tentu membuat UD. Shabrina menerapkan inovasi pada produk keripik pisangnya. Salah satu inobvasi yang diterapkan adalah inovasi produk berbasis kemasan agar produk keripik pisang milik UD. Shabrina memiliki keunggulan daripada produk keripik pisang yang lain. Penelitian berjudul “Inovasi Produk Berbasis Kemasan pada Keripik Pisang UD. Shabrina” ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan penerapan inovasi berbasis kemasan pada produk keripik pisang milik UD. Shabrina yaitu keripik pisang Shabrina. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan pada penelitian ini adalah pemilik dari UD. Shabrina dan beberapa konsumen dari UD. Shabrina. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambarangambaran obyek penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu teknis yang terfokus pada domain-domain tertentu kemudian memilah domain tersebut menjadi sub-sub domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci. ix Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk berbasis kemasan pada keripik pisang milik UD. Shabrina terfokus pada inovasi di tiga unsur kemasan yaitu warna, material, dan citra pada kemasan, jadi tiga unsur ini menjadi fokus utama UD. Shabrina dalam mengembangkan kemasan untuk produk keripik pisangnya. Inovasi produk yang berbasis kemasan pada keripik pisang Shabrina ini diharapkan oleh pihak perusahaan dapat menciptakan citra positif di benak konsumen bahwa produk keripik pisang Shabrina merupakan produk yang memiliki kualitas yang baik, terlihat dari kemasan produk yang bisa mengkomunikasikan produk yang dikemasnya dengan baik, sehingga keripik pisang Shabrina memiliki perbedaan yang menjadi keunggulan dibanding produk keripik yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66505
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository