Show simple item record

dc.contributor.advisorSutarto
dc.contributor.advisorHarijanto, Alex
dc.contributor.authorAndriyani, Lilis
dc.date.accessioned2015-12-04T06:06:32Z
dc.date.available2015-12-04T06:06:32Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim100210102054;
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66441
dc.description.abstractFisika sebagai mata pelajaran untuk menumbuhkan kemampuan berpikir untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari sudah seharusnya diajarkan secara optimal. Namun pada kenyataannya, proses pembelajaran IPA termasuk didalamnya fisika disekolah masih terdapat banyak kekurangan. Faktor yang menyebabkan kemampuan IPA siswa masih rendah salah satunya adalah kurangnya penguasaan keterampilan siswa dalam menganalisis yang membutuhkan penalaran dan pemecahan masalah. Kurangnya kemampuan menganalisis siswa salah satunya dikarenakan penggunaan bahan ajar yang kurang tepat. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa SMA, sebagian besar siswa merasa bahan ajar yang biasa digunakan kurang menarik, inovatif, variatif, dan tidak sesuai dengan tingkat kebutuhan siswa. Melihat dari permasalahan-permasalahan diatas, salah satu solusi untuk menjawab permasalahan tersebut adalah dengan menyediakan bahan ajar yang berkualitas, menarik, mudah dipahami namun dapat mengaktifkan siswa untuk belajar mandiri dan mampu untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka diadakan penelitian dengan judul penerapan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika dalam pembelajaran gerak lurus di SMA. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji pengaruh penerapan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika terhadap hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran gerak lurus di SMA. (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika dalam pembelajaran gerak lurus fisika di SMA. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Sampel penelitian viii ditentukan menggunakan metode cluster random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah time series design. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 kali pembelajaran dan 3 kali analisis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan uji t two tail dua pihak untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, untuk rumusan masalah yang kedua menggunakan presentase aktivitas siswa. Analisis data dengan uji t di peroleh nilai t hitung pada masing-masing pertemuan, pertemuan pertama t hitung sebesar 10,168, pada pertemuan kedua sebesar 9,914, dan pada pertemuan ketiga sebesar 12,382. dengan db= 35 pada taraf signifikansi 5 % nilai thitung > ttabel , maka hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎) diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika. Hasil analisis aktivitas diperoleh pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut adalah 68,56%, 74,08%, 78,73% dan jika dirata-rata sebesar 73,79% termasuk katagori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran gerak lurus di SMA. (2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan LKS dengan soal yang dilengkapi foto kejadian fisika dapat digolongkan dalam kategori aktif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectGerak Lurusen_US
dc.titlePenerapan LKS Dengan Soal Yang Dilengkapi Foto Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Gerak Lurus Di SMA;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record