Show simple item record

dc.contributor.advisorSudarti
dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorMaulidyah Alawiyah
dc.date.accessioned2015-12-04T02:06:52Z
dc.date.available2015-12-04T02:06:52Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim100210102049;
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66374
dc.description.abstractMadrasah Tsanawiyah disingkat MTs merupakan sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama. Pembelajaran IPA di MTs khususnya bidang kajian Fisika dilakukan dengan model direct instruction, dimana sifat pembelajarannya teacher centered dan jarang sekali dilakukan percobaan maupun praktikum sehingga sikap ilmiah siswa tidak muncul dalam proses pembelajaran. Sikap ilmiah sangat penting untuk dikembangkan khususnya dalam pembelajaran IPA yang menekankan pada keterampilan proses. Pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran IPA dari beberapa MTs di Kecamatan Jenggawah menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mampu mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolahnya masing-masing. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang didalamnya terdapat kerja ilmiah, siswa dituntut untuk mengumpulkan informasi, mendiskusikan proyek, membuat proyek dan mempertanggung-jawabkannya, sehingga diharapkan model pembelajaran PjBL dapat mempengaruhi sikap ilmiah siswa. Kelemahan dari model ini diantaranya adalah membutuhkan biaya yang cukup banyak Upaya menutupi kelemahan dari model pembelajaran PjBL, dapat dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan yang tidak membutuhkan biaya yang mahal, sehingga PjBL masih dapat dilakukan meskipun dana terbatas. Berdasarkan uraian , maka perlu dilakukan sebuah penelitian eksperimen dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pemanfaatan Barang Bekas Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di MTs Kecamatan Jenggawah”. viii Penelitian dilaksanakan di MTs Maftahul Huda Jenggawah pada siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2014/2015 mulai tanggal 16 Februari 2015 sampai dengan 25 Februari 2015. Tujuan pertama dilakukan penelitian adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis pemanfaatan barang bekas terhadap sikap ilmiah siswa. Skor indikator sikap ilmiah kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian diuji dengan menggunakan independent sample t-test untuk data normal dan mann whitney untuk data yang tidak normal. Ketiga indikator, disiplin, kreatif dan rasa ingin tahu, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor indikator sikap ilmiah kelas eksperimen dan kelas kontrol sedangkan indikator peduli lingkungan menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara skor indikator sikap ilmiah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata skor sikap ilmiah secara kesuluruhan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan independet sample t-test dan didapatkan hasil pengujian berupa adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Adanya perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata sikap ilmiah kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis pemanfaatan barang bekas berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa di MTs Kecamatan Jenggawah. Tujuan kedua dari penelitian adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis pemanfaatan barang bekas terhadap hasil belajar siswa. Data nilai post-test diuji dengan menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan keduanya. Berdasarkan hasil uji didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adanya perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis pemanfaatan barang bekas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di MTs Kecamatan Jenggawah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pemanfaatan Barang Bekas Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di MTs Kecamatan Jenggawah;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record