Analisis Pengaruh Iklan Pesaing, Ketidakpuasan Pelanggan, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek Pasta Gigi Formula di Wilayah Perkotaan Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan pesaing,
ketidakpuasan pelanggan dan kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek
pasta gigi Formula ke merek lain.Penelitian ini menggunakan variabel bebas yang
meliputi iklan pesaing, ketidakpuasan pelanggan dan kebutuhan mencari dan variabel
terikatnya yaitu perpindahan merek. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier
berganda dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability
sampling dan tekhnik pengambilan responden menggunakan tekhnik purposive
sampling sebanyak 120 responden yang semuanya merupakan konsumen yang pernah
memakai pasta gigi Formula dan pindah ke merek lain. Hasil analisis menunjukan
bahwa variabel iklan pesaing memiliki pengaruh paling dominan terhadap
perpindahan merek pasta gigi Formula ke merek lain yang memiliki nilai koefisien
regresi adalah sebesar 0,202. Untuk hasil uji t Variabel (Kebutuhan Mencari
Variasi) memiliki nilai sebesar 0,116, Variabel (Ketidakpuasan Pelanggan)
memiliki nilai sebesar -0,192, Variabel (Iklan Pesaing) memiliki nilai
sebesar 0,258, sedangkan sebesar 1,980 yang artinya semua variabel
memiliki lebih kecil daripada 1,980. Hal ini menunjukkan bahwa variabel
(Kebutuhan Mencari Variasi), Variabel (Ketidakpuasan Pelanggan), (Iklan
Pesaing) tidak memiliki pengaruh terhadap perpindahan merek pasta gigi Formula ke
merek lain secara parsial. Sedangkan untuk uji F diperoleh sebesar 5,266
dengan sebesar 3,07 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan
terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel bebas (kebutuhan mencari variasi,
ketidakpuasan pelanggan, iklan pesaing) terhadap variabel terikat (perpindahan merek
pasta gigi Formula ke merek lain di wilayah Pekotaan Jember). Hasil nilai koefisien
determinasi berganda sebesar 0,970 artinya 97 % variasi dari perpindahan merek
pasta gigi Formula ke merek lain di wilayah perkotaan Jember dapat dijelaskan oleh
tiga variabel bebas yaitu kebutuhan mencari variasi ( , ketidakpuasan pelanggan
( , dan iklan pesaing ( ). Sedangkan sisanya 3% dijelaskan oleh variabel –
variabel lain di luar variabel yang diteliti, misalnya berupa faktor eksternal seperti
budaya, sosial, psikologi, dan variabel – variabel pengganggu lainnya