Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrawijaya
dc.contributor.advisorImsiyah, Niswatul
dc.contributor.authorSusanti, Tari
dc.date.accessioned2015-12-03T07:52:14Z
dc.date.available2015-12-03T07:52:14Z
dc.date.issued2015-12-03
dc.identifier.nim110210201042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66224
dc.description.abstractMasa perkembangan dan pertumbuhan yang sangat menentukan bagi anak usia dini dimasa depan diawali dari usia 0-6 atau disebut juga masa keemasan (the golden age). Terdapat enam aspek perkembangan anak usia dini yang terdiri dari moral-keagamaan, fisik-motorik, bahasa, kognitif, sosial-emosional, dan seni. Namun, peneliti fokus pada aspek perkembangan fisik-motorik anak. Hal ini dikarenakan perkembangan motorik halus anak usia dini, khususnya usia 3-4 tahun di PAUD Jember Permai 1 Jember masih belum berkembang sesuai dengan indikator pencapaian tahap perkembangan anak yang terdapat dalam menu pembelajaran generik revisi 2009, yaitu membuat garis dan dapat menggambar. Salah satu cara untuk mengembangkan aspek fisik-motorik pada anak usia dini adalah dengan menggunakan teknik finger painting. Penggunaan teknik finger painting dalam penelitian ini merujuk pada manfaat teknik finger painting yang dikemukakan oleh Listyowati dan Sugiyanto (2014), yaitu untuk mengembangkan motorik halus anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara teknik finger painting dengan perkembangan motorik halus pada anak usia dini di PAUD Jember Permai 1 Jember tahun 2015?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara teknik finger painting dengan perkembangan motorik halus anak usia dini di PAUD Jember Permai 1 Jember tahun 2015. Adapun hasil dari penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional tata jenjang dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian ini menggunakan metode x purposive area, yaitu lokasi yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah PAUD Jember Permai 1 Jember. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan populasi, sehingga subyek penelitiannya adalah seluruh anak usia 3-4 tahun di PAUD Jember Permai 1 Jember yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang. Hasil analisa dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi antara teknik finger painting dengan perkembangan motorik halus anak usia PAUD Jember Permai 1 Jember Tahun 2015, dengan hasil analisis antara teknik finger painting dengan perkembangan motorik halus, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,656. Nilai tersebut lebih besar dari rtabel sebesar 0,591 (dengan N=12 dan taraf kepercayaan 95%). Oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (H0) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dan diketahui bahwa hubungan cukup antar-indikator terdapat pada indikator kedua variabel X dengan indikator pertama variabel Y, yaitu hubungan antara mengenal warna dengan membuat garis, dengan besar hubungan 0,752 atau 75,2%. Sedangkan hubungan antara melukis menggunakan jari atau telapak tangan (X1) dengan membuat garis (Y1) 0,657 hubungan cukup. Selnajutnya melukis menggunakan jari atau telapak tangan (X1) dengan menggambar (Y2) diperoleh sebesar 0,647 hubungan cukup. Sedangkan hubungan terendah antar-indikator terdapat pada indikator kedua variabel X dengan indikator kedua variabel Y, yaitu mengenal warna dengan dapat menggambar, dengan besar hubungan 0,318 atau 31,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara teknik finger painting dengan perkembangan motorik halus pada anak usia dini di PAUD Jember Permai 1 Jember Tahun 2015 (H0 ditolak). Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk pendidik lebih memahami mengenai cara mengembangkan dan menerapkan teknik finger painting, dalam proses pembelajaran guna membantu anak untuk meningkatkan aspek perkembangan fisik motorik halusnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectFINGER PAINTINGen_US
dc.subjectANAK USIA DINIen_US
dc.subjectMOTORIK HALUSen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA TEKNIK FINGER PAINTING DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI PAUD JEMBER PERMAI 1 JEMBER TAHUN 2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record