• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PEMBERIAN KREDIT PADA KSP ARTHA ANUGRAH DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Duwi Lestariyanti - 080810201122.pdf (1.903Mb)
    Date
    2015-12-03
    Author
    Lestariyanti, Duwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Agar dapat mencapai visi dan misinya, suatu organisasi harus mengelola pengetahuan yang dimilikinya dengan baik agar dapat bersaing dengan organisasi yang lain. Salah satu cara tersebut adalah dengan menerapkan manajemen pengetahuan. Tidak terkecuali bagi KSP Artha Anugrah. Untuk menghadapi persaingan dan tuntutan yang semakin tinggi, organisasi ini memerlukan penerapan manajemen pengetahuan agar selalu dapat menjawab setiap tuntutan pelanggan dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan pemberian kredit pada nasabahnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan metode analisis data domain dan taksonomi dengan uji keabsahan data melalui cara triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas KSP Artha Anugrah masih belum menerapkan manajemen pengetahuan secara penuh, namun ada beberapa yang menerapkan manajemen pengetahuan. Pengalaman setiap karyawan KSP Artha Anugrah dalam dunia kerja selanjutnya akan diberikan kepada karyawan lain yang belum mengetahui tentang pengalaman tersebut, jadi di sini terjadi transformasi pengetahuan yang merupakan bagian dari penerapan manajemen pengetahuan dalam meningkatkan kualitas pemberian kredit di KSP ini. Peran manajemen pengetahuan pada dasarnya terdiri dari empat perangkat yaitu Perangkat Manusia, Perangkat Teknis, Perangkat Organisasi, dan Perangkat Informasi. Manajemen pengetahuan yang ada di KSP Artha Anugrah berkaitan dengan pelayanan pemberian kredit. Organisasi ini membutuhkan informasiinformasi diantaranya adalah keinginan anggota dan posisi keuangan dalam target keinginan anggota. Selain itu perlu mengetahui tentang sikap dan perilaku anggota yang meminjam di KSP ini dengan menggunakan 5 C yakni, character, capacity, capital, condition, dan collateral.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66114
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository