PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI DI WARUNG KOPI CAK WANG JEMBER)
Abstract
Warung kopi Cak Wang adalah salah satu warung kopi yang cukup
terkenal dan menjadi favorit para mahasiswa, pelajar serta khalayak muda di
kabupaten Jember. Warung ini merupakan sarana pelepas penat dan bosan bagi
masyarakat dengan menyediakan berbagai macam seduhan kopi spesial arabika
dari seluruh daerah Indonesia dan food and baverages lainnya dengan harga yang
relatif terjangkau serta memberikan pelayanan yang cukup memuaskan.
Penelitian mengenai pengaruh dimensi ekuitas merek terhadap keputusan
pembelian ini merupakan metode kuantitatif tipe penelitian eksplenatory research
dengan menggunakan Analisis data Regresi Linier Sederhana. Penelitian ini
menggunakan metode survei yang di dapat dari respon jawaban responden
terhadap kuesioner. Sebelum penelitian dilakukan secara komprehensif, akan
diadakan penjajakan lapang kepada calon responden yaitu dengan mengajukan
kuesioner terkait dengan pengaruh variabel ekuitas merek Warung Kopi Cak
Wang kepada pembeli untuk dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya agar teruji
instrumen ujinya dalam penelitian yang dilakukan. Pengujian hipotesis digunakan
untuk menguji apakah variabel X dan variabel Y mempunyai pengaruh yang
signifikan, dengan tujuan memutuskan apakah menerima atau menolak hipotesis
yang telah ditetapkan. Untuk menentukan daerah penerimaan ? ? dan ? ? penulis
menggunakan uji t berdasarkan harga r yang telah ditemukan.
Dilihat dari nilai koefisien determinasi berganda, hasil analisis
menujukkan bahwa besarnya persentase sumbangan pengaruh variabel kesadaran
merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan
pembelian konsumen di Warung Kopi Cak Wang Jember, dapat dilihat dari nilai
Adjusted R Square (R2) menunjukkan sebesar 0,576 atau 57,6% dan sisanya
viii
42,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan
dalam model penelitian ini, seperti pelayanan, rekomendasi pembelian, bauran
pemasaran dan lain sebagainya.
Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linear berganda,
menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan
loyalitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung
Kopi Cak Wang Jember. Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linear
berganda, menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek
dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen di Warung Kopi Cak Wang Jember. Berdasarkan hasil
pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan,
“ada pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas
merek terhadap keputusan pembelian konsumen di Warung Kopi Cak Wang
Jember” adalah diterima.