PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN PERMAINAN TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS (POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH di SDN 1 SETAIL KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Setail Kabupaten Banyuwangi
yang terdiri dari 30 siswa, 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi 6 kelompok yang heterogen berdasarkan hasil pre test dan penilaian lain dari
guru, untuk pembagian kelompok yang berikutnya didasarkan pada nomor undian
yang mereka dapatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2
siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi Dokumentasi, Observasi,
Wawancara dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan
wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu.
Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 7 Maret 2011 sampai 24 Maret 2011
dengan subyuk penelitian siswa kelas V SDN 1 Setail Genteng Banyuwangi. Data
yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil tes
individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
dengan permainan Teka Teki Silang berlangsung. Hasil analisis pada siklus I,
aktivitas siswa secara klasikal mencapai 69,8% sedangkan secara kelompok mencapai
66,7%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar
12,5% menjadi 82,3%. Sedangkan secara kelompok mengalami peningkatan sebesar
21% menjadi 87,7%.
Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I (Post test I) mencapai 53,3%,
pada siklus II mencapai 80%. Hal itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 26,7%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa
kelas V mencapai ketuntasan belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe
teams games tournament dengan permainan teka teki silang dapat menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa.