• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN PERMAINAN TEKA TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS (POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH di SDN 1 SETAIL KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Nurmara Natalia.pdf (171.0Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Nurmara Natalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Setail Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 30 siswa, 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen berdasarkan hasil pre test dan penilaian lain dari guru, untuk pembagian kelompok yang berikutnya didasarkan pada nomor undian yang mereka dapatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi Dokumentasi, Observasi, Wawancara dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 7 Maret 2011 sampai 24 Maret 2011 dengan subyuk penelitian siswa kelas V SDN 1 Setail Genteng Banyuwangi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan permainan Teka Teki Silang berlangsung. Hasil analisis pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 69,8% sedangkan secara kelompok mencapai 66,7%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 12,5% menjadi 82,3%. Sedangkan secara kelompok mengalami peningkatan sebesar 21% menjadi 87,7%. Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I (Post test I) mencapai 53,3%, pada siklus II mencapai 80%. Hal itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 26,7%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa kelas V mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan permainan teka teki silang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6604
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository