• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MODEL MEA (MEANS-ENDS ANALYSIS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH POKOK BAHASAN PELUANG UNTUK SISWA SMA KELAS X

    Thumbnail
    View/Open
    110210101088_Camellia Iveny Sayogi.pdf (3.541Mb)
    Date
    2015-12-03
    Author
    Sayogi, Camellia Iveny
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan matematika memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Melalui pembelajaran matematika, siswa diajarkan untuk berpikir logis, kritis, sistematis, praktis, kreatif, efektif dan efisien dalam menyelesaikan permasalahan. Agar dapat menyelesaikan masalah, diperlukan adanya kemampuan pemecahan masalah. MEA (Means-Ends Analysis) merupakan model yang mendukung pembelajaran ini karena permasalahan dapat dipecahkan secara terarah terutama pada aspek mencari solusi. MEA (Means-Ends Analysis) adalah model pembelajaran pemecahan masalah dengan sintaks (1) menyajikan materi; (2) mengelaborasi menjadi subsub masalah; (3) mengidentifikasi perbedaan; (4) menyusun sub-sub masalah; (5) pilih strategi solusi. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan scientific approach yang terfokus kepada bagaimana mengembangkan kompetensi siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berpikir sehingga siswa dapat lebih kreatif. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa RPP, Buku Siswa, Buku Guru, LKS dan THB. Model pengembangan perangkat yang digunakan beracuan pada model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Berdasarkan hasil penilaian oleh dua validator, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut Draft 2 yang layak untuk diujicobakan. Uji Coba perangkat pembelajaran dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wongsorejo pada tanggal 21 Januari 2015 hingga 4 Februari 2015. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draft 3 (produk). ix Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, Buku Siswa, Buku Guru, LKS dan THB berturut-turut adalah 0,94; 0,91; 0,91; 0,90 dan 0,83. Hasil analisis reliabilitas THB diperoleh nilai  = 0,75 dengan kategori “tinggi”. maka, instrumen THB tersebut dapat dikatakan reliabel artinya memiliki keajegan yang tinggi untuk digunakan sebagai alat penilaian hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut valid. Hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat, berturut-turut adalah 92,31%, 92,31%, 94,87%, dan 97,44%. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria kepraktisan. Tingkat efektifitas perangkat pembelajaran diperoleh dari rekapitulasi hasil persentase aktivitas siswa, angket respon siswa, dan THB. Dari hasil aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat berturut-turut adalah, 87,50%, 90,82%, 90,56%, 92,86%. Maka aktivitas siswa dalam menerapkan model MEA berbasis scientific approach yang diamati selama pembelajaran dikatakan baik. Sedangkan dari analisis angket yang telah diisi oleh 28 siswa diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan model MEA berbasis scientific approach. Hasil analisis hasil belajar siswa yang terdiri dari segi kogintif diperoleh rata-rata nilai siswa yaitu 87 dan segi afektif diperoleh rata-rata nilai yaitu 90,47. Hal ini menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi yang telah diajarkan dengan menggunakan model MEA berbasis scientific approach. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria keefektifan. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran matematika model MEA berbasis scientific approach materi peluang ini dikatakan baik karena telah memenuhi standar rata-rata ketuntasan hasil belajar dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif, dan efisien. Untuk mengetahui lebih lanjut baik atau tidaknya perangkat yang dikembangkan, maka disarankan pada peneliti selanjutnya agar menguji cobakan perangkat pada sekolah lainnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65998
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository