• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    WACANA IKLAN KAMPANYE CALON LEGISLATIF 2014 KABUPATEN JEMBER: WUJUD, MODUS, DAN IMPLIKATUR

    Thumbnail
    View/Open
    Disi Murdiana-100210402063.pdf (1.850Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Murdiana, Disi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menjelang Pemilu, khususnya pemilu legislatif (pileg) di seluruh penjuru tanah air banyak dijumpai pemasangan atribut iklan dari calon legislatif (caleg) dari berbagai partai politik (parpol). Iklan kampanye termasuk dalam kategori wacana Hortatori, sifatnya persuasif. Untuk meningkatkan pamor dan menarik simpati masyarakat pemilih/konstituen, tim sukses/caleg memasang iklannya dengan wujud yang menarik, modus tertentu, dan mengandung pesan-pesan yang tersirat dalam mempengaruhi masyarakat calon pemilih. Berdasarkan penjelasan tersebut, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah wujud wacana iklan kampanye para calon legislatif periode 2014-2019 di Kabupaten Jember; (2) bagaimanakah modus tindak berbahasa dalam wacana iklan kampanye para calon legislatif periode 2014-2019 di Kabupaten Jember; dan (3) bagaimanakah implikatur dalam wacana iklan kampanye para calon legislatif periode 2014-2019 di Kabupaten Jember. Pemilihan wacana iklan kampanye caleg 2014 di Kabupaten Jember sebagai objek analisis karena; (1) menampilkan informasi persuasif yang di dalamnya terdapat strategi komunikasi berbahasa yang kontekstual; (2) mengandung modus untuk menyampaikan gagasan, pikiran, dan perasaan yang efektif dalam menarik konstituen; (3) mengandung implikatur yang mempengaruhi masyarakat calon pemilih; Berdasarkan hal tersebut tampak bahwa wacana iklan kampanye para caleg menarik untuk diteliti dan dikaji dari wujud wacana, modus, dan implikatur. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan rancangan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tulisan, gambar dan konteks iklan kampanye luar ruang calon legislatif 2014 di Kabupaten Jember yang diindikasikan menunjukkan wujud, modus dan implikatur. Sumber data adalah iklan kampanye luar ruang caleg 2014 di lokasi penelitian dengan jumlah 52 iklan dari semua partai, data berbentuk baliho, selebaran, spanduk, poster berukuran kecil sampai berukuran paling besar yang terpampang di pinggir jalan dan tempat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud iklan politik para caleg yang paling banyak ditemukan yakni wujud wacana campuran berupa tanda lingual tulisan identitas partai, visi dan misi, identitas diri disertai tanda non lingual gambar foto caleg dan logo partai. Modus ditemukan dalam tiga kategori yang meliputi; (1) modus deklaratif; (2) modus optatif; (3) modus imperatif. Modus yang paling banyak ditemukan yakni modus deklaratif. Dari wujud iklan dan modus diperolehlah implikatur. meliputi; (1) implikatur mengumbar janji; (2) implikatur membohongi; (3) implikatur menyindir; dan (4) implikatur memamerkan diri; (5) implikatur orientasi visi dan misi. Implikatur yang banyak ditemukan adalah mengumbar janji dan implikatur orientasi visi dan misi caleg di mata masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, saran yang dapat diberikan oleh peneliti meliputi; (1) Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini disarankan menjadi bahan referensi dalam diskusi dan pendalaman mata kuliah Analisis Wacana. (2) Guru bahasa Indonesia, sebaiknya menggunakan penelitian ini sebagai referensi dalam mengungkapkan informasi dari rangkuman teks berita, slogan/poster. (3) Peneliti selanjutnya yang tertarik meneliti wacana iklan kampanye calon legislatif, penelitian ini sebaiknya dicermati atau dikembangkan lebih lanjut untuk menemukan fokus kajian lain (rumusan masalah lain) secara lebih rinci, misalnya dari sisi ragam bahasanya dan tindak bahasanya yang predikatif. (4) Masyarakat dalam melihat iklan kampanye caleg seyogyanya lebih logis dan kritis sesuai dengan hati nurani dan realita ketika memilih caleg periode tahun 2014 dan periode selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65967
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository