PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Hasil analisis data pada siklus I menunjukan bahwa hasil ketuntasan aktivitas
belajar siswa mencapai 78.79 %. Berdasarkan target yang telah ditentukan, bahwa
persentase 78.79% yang dicapai pada siklus 1 sudah mencapai ketuntasan aktivitas
yang ditargetkan ≥65% siswa yang memperoleh skor aktivitas belajar 65. Pada siklus
2 hasil ketuntasan aktivitas belajar siswa mencapai 96.97%
Analisis data hasil belajar pada pra siklus menunjukan ketuntasan hasil belajar
mencapai 40.54% kemudian direncanakan tindakan penelitian Pada siklus 1 hasil
ketuntasan hasil belajar siswa mecapai 45.45%. Berdasarkan target yang telah
ditentukanh, bahwa persentase 45.45% belum mencapai ketuntuntasan hasil belajar
yang ditargetkan ≥65% yang memperoleh nilai 65, Sehingga dilakukan perencanaan
tidakan siklus 2 untuk dilakukan perbaikan. Pada sisklus 2 ketuntasan hasil belajar
siswa mencapai 72.73% dan penelitian dikatakan berhasil.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terjadi Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Kegiatan
Ekonomi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan
Menggunakan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kepatihan 05
Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Adapun saran dalam penelitian ini ditujukan
bagi guru, Sekolah, dan bagi peneliti lain. Secara umum saran yang dapat
disampaikan, bahwa dalam melakukan pembelajarn hendaknya menggunakan media
dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan
sehingga dapat mencapai pembelajaran yang bermakna.